703 Mahasiswa IAIN Metro Siap Mengabdi, Camat : Semoga Mengnspirasi Masyarakat Untuk Terus Belajar

Lampung | Pringsewu – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung, melepas sebanyak 703 Mahasiswa, untuk melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Periode ke-II Tahun 2022, selama 40 hari.

703 Mahasiswa tersebut, dilepas di dua Kabupaten yakni, Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Pesawaran.

Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat IAIN Metro, Sainul SH. MA mengatakan penyerahan Mahasiswa KPM dilakukan di tiga lokasi yang berbeda pada Rabu (20/7/2022).

“Diantaranya Kabupaten Pringsewu yang dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjannah, M.Ag. P.I.A., Kemudian di Kabupaten Pesawaran, dan terakhir di Kecamatan Marga Punduh,” Ujar Sainul saat diwawancarai awak media.

Sainul selaku ketua Panita menjelaskan, kegiatan KPM tersebut merupakan bagian dari kurikulum yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa IAIN Metro yang sudah memenuhi persyarakat akademik.

“Kami berharap mahasiswa kami setelah menimba disiplin ilmu sesuai fakultas dan jurusan masing-masing secara teoritis di bangku kuliah, KPM inilah sebagai ujian penerapan ilmu yang didapat, serta untuk melatih mahasiswa kami agar siap dan mampu diterjunkan ditengah masyarakat saat mereka telah lulus nanti,” sambungnya.

Pj. Bupati Pringsewu beserta Camat Marga Punduh, dan camat Teluk Pandan, memberikan aprisiasi atas kehadiran dan keterlibatan perguruan tinggi melalui mahasiswa KPM yang sudah kesekian kali hadir dan menjadi kemitraan yang berkesinambungan.

“Selamat datang saya ucapkan kepada seluruh Mahasiswa KPM IAIN Metro, saya berharap kalian semua mampu mengaplikasikan keilmuannya untuk masyarakat,” tuturnya.

Dilain Pihak Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjannah, M.Ag. P.I.A mengatakan KPM tahun ini bertemakan Mewujudkan Sosio-Eco-Tekhni ENTERPREURSHIP dalam keberagaman berdasarkan nilai Islam.

“Tema ini dapat dibuatkan program kegiatan yang relevan dengan keilmuan sesuai yang dipelajari di Kampus, pariwisata syariah, ekonomi kreatif, UMKM dan sebagainya, juga dapat disesuaikan semangat kementrian Agama RI mewujudkan Moderasi beragama,” terangnya.

Selain itu, Camat juga berharap kehadiran mahasiswa KPM dapat membuat meriah suasana di Desa, dan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk bisa belajar sampai ke perguruan tinggi.

“Fenomena Desa yang belum produktif dapat menjadi bidikan mahasiswa KPM untuk menjadikannya viral, sekaligus mahasiswa KPM ini juga bisa menjadi duta sosialiasi bila IAIN adalah salah satu perguruan tinggi yang layak menjadi pilihan utama, untuk melanjutkan pendidikan tinggi bagi masyarakat,” pungkasnya.

Acara pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Dr. Hj. Lu’lu’atul Aqla, Dr. Lumbu, Camat Marga Punduh Zulkifli, SE, Camat Teluk Pandan, serta para Dosen Pembimbing dan puluhan Kepala Desa.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here