Padang

Dibuka San­diaga Uno, Pemprov Sumbar Gelar Event Sumarak Ramadhan

Onlinekoe.com | Padang – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) menggelar Event Sumarak Ramadan 1445 Hijriah yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) San­diaga Uno di Kompleks Masjid Raya Sumbar, Sabtu (23/3/2024).

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Sumarak Ramadhan adalah wujud komitmen pengembangan potensi pariwisata halal di Ranah Minang.

Menparekraf San­diaga Uno dalam sambutannya mengatakan, Ramadan adalah bulan rahmat, bulan penuh magfirah, kemuliaan, dan penuh ampunan. Ramadan juga merupakan bulan penuh berkah, termasuk bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sangat menggeliat aktivitasnya selama bulan suci Ramadan.

“Terkait posisi wisata halal Indonesia, pada 2023 yang lalu Indonesia berhasil menduduki peringkat satu destinasi wisata halal terbaik dunia versi global Indonesia Muslim Travel Indeks (IMTI), di mana salah satu destinasi yang menjadi daya tariknya adalah Masjid Raya Sumbar,” kata Menteri Sandi.

Selain itu, Menteri Sandi juga menyatakan bahwa Sumbar juga memiliki daya tarik di sekror pariwisata kuliner, di mana 63 persen wisatawan yang berkunjung ke Sumbar menyampaikan, bahwa kuliner menjadi daya tarik utama datang ke Sumbar.

“Segenap potensi yang dimiliki itu harus kita maksimalkan. Termasuk melalui penyelenggaraan berbagai event seperti Event Sumarak Ramadan yang digelar hari ini,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi menjelaskan, penyelenggaraan event Sumarak Ramadhan tidak sekadar event biasa, tetapi juga merupakan bagian integral dari program Visit Beautiful West Sumatra 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat (Sumbar).

“Pada tahun 2023, Pemprov Sumbar menetapkan target sebanyak 8,2 juta kunjungan wisatawan. Alhamdulillah, dengan dukungan penuh dari masyarakat dan berbagai event menarik yang kita selenggarakan, hingga akhir Desember 2023, tercatat 11.243.840 wisatawan yang datang, terdiri dari 11.178.143 wisatawan domestik, dan 65.697 wisatawan mancanegara,” jelas Mahyeldi.

Ia sebut, Sumarak Ramadan adalah wujud komitmen pengembangan potensi pariwisata halal di Ranah Minang.

Oleh sebab itu, Mahyeldi menuturkan, bahwa pada tahun 2024 Pemprov Sumbar telah menetapkan target kunjungan wisatawan sebanyak 13,5 juta orang.

Selain itu, kata Mahyeldi, sebagai provinsi yang berlandaskan pada falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), Sumbar berkomitmen untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Oleh karena itu, melalui event Sumarak Ramadan ini, kami berharap dapat menunjukkan nilai-nilai keislaman yang membangun semangat gotong royong dan persatuan dalam berbagai kegiatan.”

“Dengan kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah, stakeholders, dan masyarakat, kami yakin event ini akan sangat bermanfaat bagi semua pihak, terutama bagi pelaku usaha UMKM dan ekonomi kreatif,” tutur Mahyeldi. (Warman/adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *