Beranda Ragam Adi Bisnis Anak Kelinci Pinggir Jalan

Adi Bisnis Anak Kelinci Pinggir Jalan

Onlinekoe.com, MEDAN – Meski sudah menyandang gelar sarjana, mencari pekerjaan sekarang memang tak gampang seperti dibayangkan. Itu artinya  begitu sempit lapangan kerja di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Tapi bagi Adi (37) tak terpikirkan menjadi karyawan perusahaan maupun PNS. Lelaki kelahiran Tandam, Kabupaten Delisedang, Sumatera Utara lebih memilih bisnis apa saja. Buktinya sejak 2005, ayah satu anak ini  berbisnis kelinci di pinggir jalan untuk menghidupi keluarganya.

Tak heran, sudah enam tahun ia menggeluti bisnis binatang lucu ini. Barangkali karena sudah dikenal masyarakat berdagang kelinci, maka dipanggil Adi Kelinci.  “Saya memang dipanggil “Adi Kelinci,” tutur Adi  kepada Sumaterapost, di lokasi bisnisnya pinggir Jalan Gaperta Ujung Medan Helvetia, Jumat 2/8/2019.

Setiap hari, Adi menggelar dagangannya dengan sabar. Anak-anak kelinci berumur sekitar satu bulan itu sangat jinak dan bertingkah laku lucu. Meski di tengah hiruk pikuk arus lalulintas, namun ada saja pengendara yang melirik  binatang piaraan itu. Mungkin karena senang melihat hewan berdaun telinga panjang ini.

Bayangkan dalam satu hari bisa terjual rata-rata-rata 20-60 ekor anak kelinci/hari.Namun sangat tergantung dari pembeli. Seperti sekarang pasar lagi sepi-sepi. Harga satu pasang anak kelinci Rp100 ribu. “Kalau beli satu boleh juga Rp50 ribu. Ini sudah harga tetap dan tidak ada diskonnya,” sebut Adi.

Bahkan permintaan pasar anak kelinci sampai ke Aceh. Di Aceh katanya sudah ada pembeli tetap. Kapan mereka butuhkan  tinggal mengirim dari Medan. Kalau stok anak kelinci habis, ya pembeli harus menanti kelahiran anak kelinci lagi.

Dia mengaku bukan peternak kelinci. Tapi membeli sama peternak lain. Hari-hari berkeliling kampung mengumpulkan anak binatang berbulu lembut itu lalu membawa ke lokasi penjualan di pinggir jalan. “Begitulah saya mencari nafkah hari-hari,” ucap Adi seraya menambahkan kelinci  yang dijual  jenis lokal dan layen.

Tercatat ada 18 jenis lebih kelinci hias paling bagus di Indonesia dikenal sebagai binatang yang memiliki tingkah laku lucu dan bentuknya menggemaskan. Binatang ini banyak dipelihara oleh hobis. Bahkan sudah tersebar berbagai macam jenis kelinci hias dengan harga bervariasi. Peternak kelinci menyebut ada dua jenis kelinci yaitu kelinci hias dan pedaging. Sekarang kelinci lokal lebih sering dijadikan sebagai kelinci hias modern. Ciri khasnya memiliki warna hitam, abu-abu,putih, cokelat. Beratnya sekitar 1-3 kg dengan ukuran badan kecil.(tiara)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here