Amankan Nataru 2023 di Ibukota Jakarta dan Sekitarnya, Polda Metro Jaya Kerahkan Ribuan Personel

Onlinekoe.com | Jakarta — Kepolisian Negara RI (Polri) menggelar Operasi Lilin Terpusat 2023. Operasi ini digelar secara serentak di Polda seluruh Indonesia mulai 22 Desember 2023.

Operasi Lilin Terpusat 2023 ini digelar untuk mengamankan natal dan tahun baru (Nataru).

Ya, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Lilin Jaya 2023. Operasi ini digelar untuk mengamankan Nataru di Ibukota Jakarta dan sekitarnya, seperti Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi (Jadetabek).

Polda Metro Jaya mengerahkan ribuan personel gabungan dalam Operasi Lilin Jaya 2023 untuk mengamankan natal dan tahun baru (Nataru)

“Personel yang kami siapkan 4.041 yang terdiri dari aparat pemerintah, TNI dan Polri,” jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder terkait pengamanan Natal dan tahun baru ini.

“Polda Metro telah menyiapkan upaya-upaya untuk mengatasi kerawanan yang timbul selama pelaksanaan libur Natal dan tahun baru nanti,” ujar Kapolda.

“Dengan cara-cara komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dan pembentukan unsur-unsur pelayanan dan pengamanan. Dan salah satu modal yang luar biasa kita miliki adalah soliditas kami aparat pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat,” imbuh eks Deputi Penindakan KPK itu.

Lebih lanjut ia menambahkan, salah satunya mengantisipasi kemacetan saat mudik Natal dan tahun baru. Polda Metro menyiapkan pelbagai upaya rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan tersebut.

“Kalau pengamanan lalu lintas ini sangat situasional, misalnya dalam keadaan H-2, H-1 sudah ada kepadatan yang luar biasa mungkin kita bisa contraflow di jalan tol. Ini sangat situasional tergantung situasinya. Kalau memang lancar aja, ya biasa aja,” ujar Kapolda.

“Kerawanan paling kemacetan, kalau sudah mulai padat nanti ada bottleneck kita upayakan untuk bisa lancar. Saya rasa libur nataru ini tak sebanyak libur lebaran,” imbuhnya.

Diketahui, Operasi Lilin Jaya 2023 bakal digelar selama dua pekan kedepan, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Adapun puncak arus mudik Nataru akan diperkirakan terjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama pada 22-23 Desember 2023 dan gelombang kedua pada 29-30 Desember 2023. Lalu, untuk arus balik Nataru diprediksi terjadi pada 26-27 Desember 2023 dan 1-2 Januari 2024.

(Alex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here