Beranda Bandar Lampung Anggota DPRD Syarif Hidayat Gandeng Akademisi Sosialisasikan Fungsi Pancasila

Anggota DPRD Syarif Hidayat Gandeng Akademisi Sosialisasikan Fungsi Pancasila

Onlinekoe.com, BANDARLAMPUNG – Dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung Zulkarnain Ridwan mengatakan, Pancasila adalah perekat bangsa. Pancasila berfungsi merekatkan perbedaan agama, suku bangsa, bahasa, adat istiadat, letak geografis semua kesatuan dalam Republik Indonesia.

Tanpa Pancasila, kemungkinan besar Indonesia tidak akan pernah berdiri. Kalaupun berdiri, bisa pecah seperti Uni Soviet, Yugoslavia, dan Cekoslovakia.

Namun, karena ada konsensus bersama bernama Pancasila, Indonesia langgeng sampai sekarang.

“Kalau ada yang sekarang masih mau mengutak-atik lalu mencari lagi ideologi lain buat Indonesia, tidak bakalan ketemu. Sebab, menyamakan persepsi itu butuh waktu dan bergantung kelegawaan untuk menerima perbedaan,” kata Zulkarnain Ridwan saat mengisi sosialisasi pembinaan Pancasila dan wawasan kebangsaan gelaran anggota DPRD Lampung Syarif Hidayat di kompleks SDIT Nurul Ilmi, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Telukbetung Timur, Ahad, (11/4/21).

Ia mencontohkan, jika ada uang Rp50 juta untuk warga satu kampung, beragam pendapat muncul hendak diapakan uang itu. Butuh waktu yang panjang.

“Apa lagi soal ideologi bangsa. Alhamdulillah kita punya Pancasila yang menjadi perekat,” kata dia. (WV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here