Benang Bedah Karya Ibu Pertiwi

Bogor – Saat ini karya anak negeri sudah bisa produksi benang bedah sendiri. Bahkan, menjadi salah satu produk yang mengantongi sertifikasi halal.

Benang bedah merupakan salah satu alat kesehatan yang penting, apalagi Indonesia selama ini masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan ini, demikian diungkap pakar bidang bencana, Dr. dr. Nurdin Perdana saat jumpa wartawan, Rabu (2/11) di Cibinong .

Asumsi kebutuhan benang bedah di Indonesia tinggi lanjutnya, mengingat sering terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Disisi lain, saat krisis politik terjadi, pada tahun 1998. Menyebabkan terjadinya kekacauan dan kerusuhan, banyak pasien dengan luka trauma mengalami peningkatan signifikan.

Hal ini, menyebabkan para tenaga kesehatan harus segera mencari jalan keluar darurat untuk mengatasinya, termasuk menggunakan benang pancing untuk menjahit luka.

Namun akibat kelangkaan ketersediaan alat kesehatan dan tingginya harga alat – alat kesehatan, memaksa petugas kesehatan menggunakan alat kesehatan secara berulang.

Kondisi ini mendorong para praktisi alat kesehatan, untuk mewujudkan kemandirian alat kesehatan termasuk benang bedah produk nasional yang menuhi aspek keamanan, bermutu dan bermanfaat.

Berlatar belakang kondisi tersebut menjadi pencetus pendirian pabrik PT. Triton Manufactures, yang dirintis sejak tahun 2011, kemudian diresmikan sebagai pabrik benang bedah nasional pertama di Indonesia oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek pada tahun 2015.

Sementara itu, Mario Apriliansyah, selaku Direktur Institutional Relation Director
menambahkan, Indonesia masih sangat bergantung pada penggunaan alat kesehatan dari luar negeri, dimana produk alat kesehatan luar negeri yang beredar di Indonesia hampir 80%, sedangkan produk alat kesehatan dalam negeri hanya berkisar 20%.

Untuk mengurangi ketergantungan produk luar negeri, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka percepatan peningkatan Penggunaan produk dalam negeri. Pemerintah mendorong masyarakat industri untuk meningkatkan produk alat kesehatan dalam negeri agar dapat bersaing di skala nasional dan global.

‚ÄúDengan beroperasinya pabrik alat kesehatan PT. Triton Manufactures yang memproduksi benang bedah, surgical mesh dan skin marker akan mendorong tumbuhnya pabrik alat kesehatan yang lainnya sehingga Indonesia tidak bergantung lagi dengan produk alat kesehatan luar negeri,” ujar Mario.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here