Buka Pameran Job Fair bersama Pasker ID dan UNP, Ini Kata Gubernur Mahyeldi

Onlinekoe.com | Padang – Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, menekankan pentingnya menempatkan pekerja dengan kompetensi yang tepat untuk mengisi kebutuhan di dunia kerja.

Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Kerjasama Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) dengan Pasker ID Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Universitas Negeri Padang (UNP) di Auditorium UNP, Selasa (7/5/2024).

“Kita menyadari bahwa saat ini angka pengangguran terbuka di Sumbar masih cukup tinggi, yaitu 6,28 persen atau 179,50 ribu orang dari total 5,8 juta warga Sumbar berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2023. Meski demikian, dari tahun ke tahun tetap terjadi penurunan angka pengangguran tersebut,” kata Mahyeldi dalam keterangannya.

Ia menegaskan, Pemprov Sumbar terus fokus untuk menghadirkan berbagai peluang kerja bagi angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Sebab, tingkat pengangguran berpengaruh terhadap upaya Pemprov Sumbar dalam mengentaskan kemiskinan di tengah Masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan tersebut ialah menyelenggarakaan job fair.

“Kegiatan job fair ini adalah upaya kita untuk mempertemukan penyedia pekerjaan dengan para pencari kerja. Sehingga, perusahaan-perusahaan memiliki tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan, karena berhasil mendapatkan tenaga kerja yang kompeten pada bidang keahlian masing-masing,” jelas Mahyeldi, didampingi Kepala Disnaker Nizam Ul Muluk dan Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar Mursalim.

Pihaknya berharap, agar dinas terkait dengan ketenagakerjaaan di kabupaten/kota, Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS), Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI, serta Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK dan Perguruan Tinggi, terus menyusun program penempatan tenaga kerja melalui pelaksanaan job fair online dan offline di daerah masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengucapkan terimakasih atas fasilitasi Pasker ID dan UNP dalam pelaksanaan job fair kali ini. Selain itu, apresiasi juga disampaikan terhadap 50 perusahaan yang membuka peluang kerja dalam job fair kali ini.

“Alhamdulillah, kurang lebih 1.500 lowongan pekerjaan tersedia pada job fair kali ini. Semoga semua kebutuhan tersebut dapat terpenuhi,” terang Mahyeldi menutup. (Warman/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here