Bupati Sabar AS Apresiasi Hasil Karya Siswa SD 23 Talago

Pasaman – Peduli terhadap kemajuan pendidikan du Kabupaten Pasaman, Bupati Pasaman Sabar AS hadiri Panen Karya dan Pelepasan siswa kelas VI SD 023 talago Kecamatan Lubuk Sikaping, Sabtu (08 Juni 2024).

Kegiatan Panen karya yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu kegiatan ekstakurikuler siswa SD 23, yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa untuk terus berkarya, sekaligus untuk mengasah keterampilan siswa.

“Hal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kreatifitas siswa, agar dewasa nanti akan dapat menjadi generasi yang trampil,” ujar Kepala Sekolah SD 23 Talago Sinofri.

SD Negeri 23 Talago melaksanakan kegiatan Panen Karya merupakan kegiatan untuk merealisasikan kegiatan P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah.

“SD negeri 23 Talago mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan kriteria kegiatan pemeliharaan sampah dan pengolahan sampah menjadi barang yang berguna,” jelas Nofri.

Selanjutnya Nofri juga menjelaskan, panen karya merupakan muara dari kegiatan P5 yang dilakukan di sekolah, kegiatan tersebut memamerkan hasil karya barang bekas yang diolah sebaik mungkin dan seindah mungkin oleh siswa sehingga menghasilkan nilai ekonomis yang nantinya bisa menjadikan kegiatan edukasi bagi siswa.

Selain itu kegiatan yang dilaksanakan adalah Market Day atau pameran makanan tradisional yang dibuat oleh siswa dengan berkolaborasi bersama orang tua. Makanan tersebut dijual juga disekolah sehingga mendidik anak anak untuk literasi secara finansial.

“Selain itu, SD Negeri 25 Talago juga menampilkan kreativitas siswa berupa tari-tarian, puisi berbahasa inggris, drama musikal.
Keterlibatan orang tua pada sekolah ditunjukan dengan penampilan rebana dari group rebana komite sekolah. Jumlah siswa yang tamat dari sekolah tersebut sebanyak 19 orang,” paparnta.

Sementara itu Bupati Pasaman Sabar AS, didampingi Kabag Kesra, Camat Lubuksikaping, dalam arahanya mengatakan, atas nama Pemerintah daerah Kabupaten sangat apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh SD 23 Talago, merupakan salah satu langkah pendididikan yang dilaksanakan Pemerintah daerah untuk meningkatkan kreatifitas anak anak terutama siswa.

“Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari salah satu program perioritas pemerintah daerah yaitu Pasaman Cerdas,” tambah Sabar AS.

Ia berharap, kegiatan yang serupa bisa di ikuti oleh sekolah sekolah lain yang ada di Kabupaten Pasaman, karena hal ini merupakan sebuah inovasi untuk membentuk, watak yang cerdas serta kreatifitas siswa dan bisa menjadi siswa yang mempunyai daya saing yang tinggi.

“Demikian juga halnya dengan siswa yang menamatkan jenjang pendidikan di sekolah ini, agar nantinya bisa belajar lebih giat, karena persaingan di dunia pendidikan semakin ketat, dan para siswa tamatan sekolah ini khususnya bisa menjadi orang yang suskses dan bisa membawa nama baik sekolah,” tutup Sabar AS.

(UL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here