CCEP Indonesia Gelar Rangkaian Pendampingan Pengelolaan Bank Sampah Kecamatan Metro Barat

Kota Metro – Lampung, 1 September 2022: Coca-Cola Europacific Partners Indonesia bersama BNI 46 kembali melakukan pendampingan masyarakat untuk seri ke-3 pada tanggal 29 Agustus – 1 September 2022. Kali ini, tim kolaborasi untuk lingkungan berkunjung ke Kecamatan Metro Barat dan mengadakan rangkaian program pilot project community development Bank Sampah di tingkat kelurahan.

Turut hadir dalam pendampingan tersebut, pengurus Bank Sampah Unit PKK dari 4 kelurahan, yaitu: Kelurahan Ganjar Agung, Kelurahan Ganjarasri, Kelurahan Mulyojati dan Kelurahan Mulyosari. Dalam kesempatan tersebut, para peserta mendapatkan pembekalan lanjutan dan pendampingan tentang pengelolaan Bank Sampah serta praktik timbang tabung sampah bersama Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia), BNI 46 dan Bank Sampah Sahabat Gajah.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro dilaksanakan di Aula Kantor Camat Metro Barat. Triyono, selaku Camat Metro Barat menyambut baik inisiatif peningkatan peran bank sampah di tingkat kelurahan dengan harapan dapat mengurangi dan mengelola sampah dari sumbernya. “Saya percaya jika sampah dikelola dengan baik akan memberikan manfaat bagi lingkungan juga bagi masyarakat untuk mendapatkan peluang ekonomi. Saya yakin sampah bisa menjadi bahan baku ekonomi, oleh karena itu penting bagi masyarakat, pemerintah dan pihak swasta untuk bisa berkolaborasi menyelesaikan persoalan sampah yang ada dari sumbernya,” ujar Triyono.

Asrian Hendicaya, selaku Penggiat Lingkungan Bank Sampah Sahabat Gajah yang menjalankan peran sebagai mitra pendampingan kembali mengingatkan pengurus Bank Sampah Unit PKK untuk terus belajar dan semangat memberikan pelayanan serta sosialisasi kepada warganya untuk memilah sampah dari rumah. “Kita tidak dapat membayangkan berapa banyak timbunan sampah yang akan terjadi di lingkungan sekitar, jika kita tidak mulai memilah sampah dari rumah hari ini, yang akan berakibat pada pencemaran ekosistem dan lingkungan. Seperti yang kita ketahui, dampak dari persoalan sampah terhadap lingkungan ini sangatlah jelas. Mulai dari pencemaran laut, pencemaran sungai, menghambat proses air tanah, pencemaran tanah dan membuat air serta tanah menjadi tidak sehat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Untuk itu, ayo kita mulai pilah sampah dari rumah,” jelas Asrian.

Yayan Sopian, selaku Regional Corporate Affairs Manager Coca-Cola Europacific Partners Indonesia West Indonesia menyampaikan bahwa hingga awal bulan September 2022, dari target 22 kelurahan program pendampingan bank sampah unit PKK telah menjangkau 12 kelurahan di 3 Kecamatan, termasuk Metro Utara, Metro Selatan dan Metro Barat. Yayan berharap kegiatan pendampingan tersebut akan menghasilkan sebuah model yang efektif dan dapat direplikasi di area lain dalam upaya percepatan pengurangan sampah dari sumbernya.

-SELESAI-

Tentang Coca-Cola Europacific Partners
Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) adalah salah satu perusahaan FMCG (barang konsumsi) terdepan di dunia. Disini, kami memproduksi, medistribusi dan menjual berbagai merek yang disukai di dunia – melayani lebih dari 600 juta konsumen dan mendukung 1,75 juta pelanggan di 29 negara. Kami bergerak sebagai bisnis multinasional yang kuat dengan skala wilayah yang luas yang didukung oleh tim yang hebat serta pengetahuan dan layanan terhadap pelanggan dan komunitas yang kuat.
Coca-Cola Europacific Partners Indonesia mengoperasikan delapan fasilitas manufaktur di Sumatera, Jawa dan Bali, mempekerjakan lebih dari 5.500 tenaga kerja, dan mendistribusikan jutaan minuman menyegarkan untuk lebih dari 450.000 outlet di seluruh Indonesia. Kami juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif di setiap wilayah operasional dengan menjalankan berbagai inisiatif, seperti: Bali Beach Clean Up, Green School (Sekolah Adiwiyata), Coca-Cola Forest, serta pengembangan program bank sampah di beberapa kota.
Coca-Cola Europacific Partners terdaftar di Euronext Amsterdam, Bursa Efek New York, Bursa Efek London dan Bursa Efek Spanyol dibawah simbol CCEP. Untuk informasi lebih lanjut terkait CCEP, harap mengunjungi www.cocacolaep.com dan ikuti akun resmi CCEP di Twitter @CCEP.

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi:
Yayan Sopian
Yayan.Sopian@ccep.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here