Beranda Pendidikan Covid-19, Kehadiran Mahasiswa PMMB Darmajaya Bantu Kinerja di PTPN 7

Covid-19, Kehadiran Mahasiswa PMMB Darmajaya Bantu Kinerja di PTPN 7

Onlinrkoe.com, BANDAR LAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menarik tiga mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II Tahun 2020, yang selama enam bulan ini di tempatkan di PTPN 7, Rabu (17/2/2021). Ketiganya adalah Yoga Setiawan mahasiswa Prodi Akuntansi, Ricka Dita Agata (Manajemen), dan Febrianti (Akuntansi).
Fitri Sartika, S.E, Pjs. Kepala Sub Bagian Komunikasi Perusahaan dan PKBL PTPN 7, mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa PMMB dari berbagai universitas di Indonesia, terutama dari IIB Darmajaya.

Terlebih, kata dia, di era sekarang ini banyak perusahaan yang menekan jumlah pemakaian tenaga kerja yang akan berimbas pada pengurangan cost perusahaan. “Dengan kehadiran mereka dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ini, kami di PTPN 7 sangat terbantu sekali,” kata Fitri.
Pihak PTPN 7, lanjut Fitri, dalam program ini berperan sebagai mentor yang melakukan pendampingan. Tugas karyawan di perusahaan pemerintah itu membantu mengenalkan pekerjaan sesuai bidang keilmuan mahasiswa. “Untuk melakukan pekerjaan, mereka kita bagi sesuai jurusan, kita salurkan ke user yang membutuhkan agar mahasiswa bisa menggali kemampuan teknologi,” kata dia.

Fitri juga menjelaskan pihaknya juga membantu mahasiswa PMMB agar mudah beradaptasi dengan lingkungan dimana mereka di tempat. “Kami ajarkan mahasiswa PMMB soal kerjasama dalam tim, komunikasi yang baik. Dan, kami juga menilai inisiatif mereka dalam menjalankan pekerjaan, terutama membantu senior,” ujarnya.
Fitri mengaku sangat bangga dengan ketiga mahasiswa dari IIB Darmajaya. Dia menilai mahasiswa PMMB Batch II Tahun 2020 dari Darmajaya memiliki disiplin tinggi, cepat beradaptasi, komunikatif, dan sangat menerima masukan. “Mahasiswa dari IIB Darmajaya cepat mau belajar dan mampu mengimplementasikan ilmu yang dimiliki sesuai bidang pekerjaan.”

Fitri berharap agar mahasiswa Darmajaya terus mengikuti program magang ini. Mengingat, PMMB semakin membuka peluang mahasiswa untuk diterima di pasar kerja. Dan, perusahaan yang akan menerima sudah mengetahui kualitas kerja dari mahasiswa magang.
Sementara itu, Yoga Setiawan, mahasiswa Prodi Akuntansi yang mengikuti PMMB Batch II Tahun 2020 mengaku bangga telah mengikuti program ini. Selama enam bulan dia ditempatkan di Bagian Komunikasi Perusahaan yang kegiatannya sehari-hari di bidang CSR dan dana bidang lingkungan. “Saya banyak mengikuti karakter baru saat bertemu masyarakat dalam penyaluran CSR perusahaan,” kata dia.

Sedangkan Febrianti, mahasiswa IIB Darmajaya dari Prodi Akuntansi mengaku selama enam bulan ini dia ditempatkan di Bagian Pengoperasian Sistem Aplikasi Produk in Data Processing yang merupakan sofware IRP Transaksi Pembayaran kepada unit usaha, relasi, dan pihak ketiga. “Saya dapat mengaplikasikan ilmu dari kampus ke tempat magang di PTPN 7,” kata dia.
Di lain pihak, Ricka Dita Agata, mahasiswa Darmajaya dari Prodi Manajemen mengaku mendapat hal baru selama magang di PTPN 7. “Saya mendapatkan ilmu baru, teman baru, dan bekerja dalam tim. Saya bisa merasakan langsung suasana tempat kerja,” kata Ricka.

Sedangkan Kepala UPT Inkubitek, Career Center, dan Alumni IIB Darmajaya, Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M., mengatakan untuk tahun ini jumlah peserta PMMB Batch II Tahun 2020 mengalami peningkatan. Menurut dia, dari 21 mahasiswa yang mendaftar di PMMB Forum Humas Capital Indonesia (FHCI).
Namun, kata dia, tahun ini berbeda dengan tahun lalu, karena pandemi Covid-19 sehingga mahasiswa juga harus menjalani rapid tes. “Perusahaan BUMN juga menambahkan tahapan seleksi yang mengharuskan rapid test sebelum diterima. Mereka sudah mulai aktif per 1 September 2020 untuk menjalani PMMB selama enam bulan. Tiga diantaranya ditempatkan di PTPN 7,” kata dia. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here