Beranda Ragam Dandim Lamtim Dampingi Tim Sergab Bulog Memantau dan Stabilkan Harga Jagung

Dandim Lamtim Dampingi Tim Sergab Bulog Memantau dan Stabilkan Harga Jagung

Onlinekoe.com, Lampung Timur -Dandim 0429/Lamtim Letkol INF Ch Prabowo Dampingi Tim sergab Bulog bersama Gapoktan Harapan Jelang panen raya tahun 2019, Kodim 0429/Lamtim dan jajaran nya akan dampingi Bulog bersama Gapoktan harapan dalam pembelian jagung petani dengan harga Rp 3.900 perkilogram. Pembelian dilakukan di Desa Sadar Sriwijaya, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur, Jumat, (8/2/2019).

Kunjungan kerja Bulog yang di Dampingi Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol INF Ch Prabowo langsung menuju areal ladang jagung area register 38 itu juga di maksudkan untuk memantau sekaligus menstabilkan harga jagung di diwilayah salah satu desa penghasil jagung terbesar di Desa Sadar Sriwijaya, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur,

“Kami dari Perum Bulog Subdivre Lampung Tengah bersama Gapoktan Harapan Bersama, Kodim 0429/Lampung Timur, hari ini melakukan kerjasama untuk membeli jagung dari para petani”, ujar Kasubdivre Lampung Tengah, Maidana Aulia Sireger saat dialog bersama sejumlah petani.

Untuk tahap awal, lanjut Maidana, pembelian jagung di sepakati dengan harga Rp 3.900 perkilogram. Namun, pihaknya juga tidak memaksakan kehendak, petani bebas menjual jagungnya kemana saja. ” untuk tahap awal ini, kita akan membeli jagung langsung dari petani sebanyak 11 ton”, terang Maidana menutup penjelasannya.

Sementara itu Dandim 0249/Lampung Timur, Letkol Inf CH Prabowo dalam dialognya menjelaskan bahwa kiprah  TNI dalam membantu petani sudah cukup intensif di pelosok daerah Untuk itu, ia berharap petani bisa bekerjasama untuk menjual jagungnya ke Bulog. Namun, ia pun tidak memaksa, karena harga jagung dari pedagang lokal( tengkulak) bisa saja lebih tinggi sehingga perlu penyesuaian antara Bulog dengan pedagang yang lain.

“Kalau menurut standar harga pembelian dari pemerintah, kita gak akan dapet jagung dari petani, karena dihargai lebih murah dari pedagang. Mudah-mudahan dengan harga Rp 3.900 dari Bulog ini, petani mau menjual jagungnya ke Bulog”, harap Damdim.

Acara yang cukup sederhana ini diakhiri dengan sholat jumat dan makan bersama di Wisata Kuliner Desa Way Areng. Turut hadir pada acara tersebut, Pasiter Kodim 0429/Lampung Timur Kapten Yoga, Danramil 429-04/Bandar Sribhawono Kapten Arm Adi Hernizam, dan Anggota Dewas Perum BULOG Spudnik Sujono(*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here