Danrem 043/Gatam Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Lampung – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024) bertempat di lapangan upacara Makorem 043/Gatam Jl. Teuku Umar Penengahan Bandar Lampung.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″, tema Ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIPRI) Yudian Wahyudi dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M., menyampaikan keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai Inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” terangnya.

Selanjutnya Kepala BPIPRI menegaskan, “Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (Smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif.“

“Akhirnya, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,“ pungkasnya.

Tampak hadir mengikuti upacara hari lahir Pancasila, Kasiren Korem 043/Gatam Kolonel Arh Burhan Fajari Arfian, S.Sos., Para Kasi Kasrem 043/Gatam, Kasdim 0410/KBL, Danyonif 143/TWEJ, Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 043/Gatam, para Pasi Korem 043/Gatam dan Kabalak Korem 043/Gatam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here