Beranda Lampung Desa Kibang Launching Kampung Tangguh Nusantara Cegah Covid-19

Desa Kibang Launching Kampung Tangguh Nusantara Cegah Covid-19

Onlinekoe.com, LAMTIM – Desa Kibang, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur Launching Kampung Tangguh Nusantara. Launching tersebut merupakan upaya dalam memerangi pandemi Covid-19 yang berlum berakhir.

Kepala Desa Kibang Winarno dalam sambutannya menyampaikan, bahwa launching Kampung Tangguh Nusantara adalah bentuk semangat bergotong royong mengatasi permasalahan yang ada di Desa Kibang untuk menghadapi virus Covid-19 dan menguatkan ketangguhan ekonomi akibat dampak pandemi di masyarakat.

Seperti yang kita ketahui Kampung Tangguh Nusantara meliputi beberapa aspek yakni, sosial ekonomi, kesehatan, keamanan, pendidikan dan tangguh dalam berinformasi.

“Ya tentunya, dengan adanya kegiatan positif ini akan lebih menguatkan ketangguhan, menguatkan solidaritas, menguatkan kebersamaan, dan bisa menjadi inspirasi bagi warga masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan supaya terciptanya masyarakat yang sejahtera,” ujar Winarno saat memberikan sambutan di Balai Desa Kibang, Selasa (02/3/2021).

Ditambahkan Winarno, pihaknya optimis dengan adanya program KTN di Desanya semua dapat terkontrol dan terpantau dengan baik. Sehingga pandemi COVID-19 akan dapat teratasi.

Sementara itu Kapolsek Metro Kibang, AKP Elita Karmila, SH.,MH., menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara atas terlaksananya Kampung Tangguh Nusantara di Desa Kibang.

Dampak dari wabah Covid-19 telah menimbulkan permasalahan yang cukup serius baik sosial, budaya dan ekonomi seperti menurunnya daya beli masyarakat, dirumahkannya para pekerja, buruh pabrik, karyawan perusahaan, pegawai swasta dan pendidikan anak sekolah terganggu di seluruh daerah yang berdampak psikologis yang luar biasa terhadap individu maupun Masyarakat.

“Oleh kerena itu, perlu adanya kolaborasi dengan Stakeholder yang ada, melalui pengembangan kultur wirausaha dan penggalangan partisipasi masyarakat, termasuk pelaku usaha dalam mengelola potensi sumber daya alam untuk meningkatkan perekonomian Masyarakat. Sehingga tidak berdampak sampai kepada krisis ekonomi,”tandasnya.

Dari pantauan Media kegiatan tersebut dilanjutkan dengan peninjauan tempat Posko KTN Desa Kibang, Posko tanggap bencana, rumah isolasi mandiri, Pendidikan Paud/TK Dharma wanita, usaha pertanian yang meliputi pembibitan Pisang Cavendish, padi, jagung serta budidaya ikan gurame dan lale.

Hadir dalam kegiatan tersebut Indra Gunawan selaku Camat Metro kibang, AKP Elita Karmila, SH, MH Kapolsek Metro Kibang, Pelda Suharmiyanto Koramil Metro kibang, Dwi Rosyadi Kepala Puskesmas Metro Kibang, Winarno, S.Ap., Kades Kibang, Aperatur Desa Kibang, Ipda Amran Waka Polsek Metro Kibang, Bripka Arif W.H, SH., Kanit Binmas, Bripka M. Ali, Bripka Heri eko C dan Toga dan Tomas Desa Kibang. (Rilis/burcik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here