Beranda Ragam Setelah Dilantika, 87 Pengawas Pemilu Ikuti Bimtek

Setelah Dilantika, 87 Pengawas Pemilu Ikuti Bimtek

Onlinekoe.com, Aceh Utara – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (panwaslihcam) Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, (26/03/2019) menggelar acara bimtek Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di 57 Gampong (desa) untuk 87 TPS yang tersebar di seluruh Kecamatan setempat,

Adapun pemateri dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Komisioner Panwaslih Kecamatan Tanah Luas, yakni Umar Iskandar (Ketua) didamping anggotanya Mulawarman dan Mahdi Irwanda. Bimtek yang diberikan berupa pemahaman tentang pemungutan dan perhitungan suara dan hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggungjawab PTPS.

Menurut Ketua Panwaslihcam Tanah Luas, Umar Iskandar. bahwa setiap satu TPS itu dijaga satu pengawas dilingkungan TPS masing masing.

“Mereka harus mengetahui apa saja tugas dalam melakukan pengawasan teknis mulai dari awal sampai akhir di TPS,”kata Umar kepada media ini seusai acara tersebut di Balai Desa Kecamatan Tanah Luas.

Dia mengatakan bahwa setelah dilakukan pelantikan kemarin (Senin, 25 Maret 2019), para PTPS ini juga diberikan Bimbingan Teknis (bimtek). Sesuai UU no 07 tahun 2017, masa tugas PTPS terhitung sejak tanggal dilantik dan 7 hari setelah tanggal pencoblosan.

“Saya mengimbau kepada seluruh PTPS Kecamatan Tanah Luas yang sudah dilantik dan mendapatkan Bimtek agar belaku jujur dan adil, profesional serta berintegritas dalam menjalankan tugas tugasnya. Saya ucapkan selamat menjalankan tugas tugas negara,” ujar Umar Iskandar.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 1.879 Pengawas TPS tersebar di 27 Kecamatan, 852 gampong yang ada diwilayah Kabupaten Aceh Utara. Setelah dilantik serentak oleh ketua Panwaslihcam di masing-masing Kecamatan itu, para Pengawas TPS itu mendapatkan Bimbingan teknis pengawasan. (Mahdi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here