Beranda Lampung DPRD Pesibar Gelar Rapat Paripurna Tentang Anggaran Tahun 2021

DPRD Pesibar Gelar Rapat Paripurna Tentang Anggaran Tahun 2021

Onlinekoe.com – Pjs Bupati Pesisir Barat (Pesibar) menghadiri rapat Paripurna Persetujuan Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten setempat tahun anggaran 2021. Bertempat di ruang sekretariat DPRD Pesibar lantai tiga, senin, (30/11).

Dalam sambutanya, Achmad chrisna Putra menyampaikan sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya Rabu, (07/10/2020)  yang lalu, bahwa penyusunan rancangan APBD ini telah disesuaikan dengan arah kebijakan pokok pembangunan Kabupaten Pesibar yang merupakan prioritas dan tertuang dalam kebijakan umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2021.

“Dalam Ranperda untuk tahun anggaran 2021 telah tersusun pada struktur APBD yang terdiri dari pendapatan, belanja maupun pembiayaan. dalam rangka mengakomodir kepentingan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Pesibar,” ujarnya.

Masih kata dia, dari berbagai catatan pertanyaan serta koreksi yang disampaikan oleh dewan yang terhormat, baik pada penyampaian pandangan umum dan hearing pembahasan antara Banggar Legislatif dengan Tim Anggaran Pemda dan SKPD tentang keterkaitan antara aspek belanja dengan indikator dan tolok ukur kinerja dari kegiatan yang akan dilaksanakan telah dilakukan pembahasan secara transparan dan akuntabel dalam suasana saling memahami tugas dan fungsi kedua lembaga.

“Kenyataan ini, terbukti dengan telah disetujuinya Ranperda ini oleh majelis paripurna yang terhormat, disamping itu sesuai dengan amanat PP no 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Permendagri no 64 tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2021 bahwa Ranperda tentang APBD ini, akan disampaikan kepada Gubernur Lampung untuk dilakukan evaluasi serta mendapat persetujuan,” terangnya.

Pjs. Bupati juga mengingatkan kepada seluruh Kepala SKPD selaku pengelola penerimaan daerah agar dapat mengupayakan intensifikasi dan ekstensifikasi seluruh sumber-sumber pendapatan, sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Chrisna Putra juga mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap Anggota Dewan, khususnya Banggar Legislatif, segenap Komisi serta kepada seluruh fraksi yang telah bekerja keras dengan mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran guna penyelesaian pembahasan Ranperda dimaksud.

“Kami menyadari bahwa saran dan pendapat yang disampaikan oleh dewan yang terhormat kesemuanya adalah dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan Ranperda ini agar semua kegiatan yang terprogram benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Hadiri dalam rapat tersebut diantaranya, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Pesibar, Forkopimda beserta para Kepala Dinas  dan para Kabag di lingkungan Pemkab Pesibar bersama tim ahli DPRD.(Holil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here