Beranda Lampung DPRD Pesisir Barat Paripurnakan Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Masa Jabatan...

DPRD Pesisir Barat Paripurnakan Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Masa Jabatan 2016-2021

Onlinekoe.com, PESISIRBARAT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Barat menggelar Paripurna Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat Masa Jabatan 2016-2021, Bertempat di Gedung Sekretariat DPRD setempat pada Rabu (10/02).

Sidang paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Pesibar, Nazrul Arif didampingi Wakil Ketua ll Piddinurri, dan anggota DPRD Beserta juga Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Barat, Tim Ahli DPRD Kabupaten Pesisir Barat, Forkopimda Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, Sekda, Asisten, Staf ahli, Kepala OPD Kabupaten Pesisir Barat, Ketua KPU Kabupaten Pesisir Barat, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, Camat se-Kabupaten Pesisir Barat.

 

Ketua DPRD Pesibar, Nazrul Arif Membuka sidang sekaligus membacakan hal yang termaksud diatas, yang pertama bahwa “Sesuai amanat Pasal 154 ayat (1) huruf e Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 jo Pasal 23 huruf e Peraturan Pemerintah 12 Tahun 2018, dimana salah satu tugas dan kewenangan DPRD adalah pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentiannya.

2.Sesuai dengan ketentuan Pasal 78 Ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, menyatakan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya

3.Selanjutnya dalam Pasal 79 Ayat (1) fakta bahwa mekanisme Pemberhentian Kepala Daerah dan / atau Wakil Kepala Dacrah di Usulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan Penetapan Pemberhentiannya.

4.Berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Provinsi Nomor 131.18-583 Tahun 2016 Pengangkatan Bupati Pesisir Lampung mengesahkan Pengangkatan Saudara Dr. Drs. H. AGUS ISTIQLAL., S.H., M.H. sebagai Barat Bupati Pesisir Barat Masa Jabatan Tahun 2016-2021 Dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-583 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Wakil Bupati Pesisir Barat mengesahkan Saudari ERLINA., S.P., M.H. sebagai Wakil Bupati Pesisir Barat Masa Jabatan 2016-2021.

Maka DPRD Kabupaten Pesisir Barat mengumumkan dalam Sidang Paripurna ini tentang Usul Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat karena berakhir masa jabatannya.

Pengumuman dimaksud merupakan salah satu syarat untuk Pengesahan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 120/546 / OTDA tanggal 26 Januari 2021 Perihal Usulan Pengesahan Pengangkatan dan Usulan Pengesahan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat Bapak Dr. Drs. H. Agus Istiqlal., S.H, MH. dan Ibu Erlina, S.P, MH. yang akan berakhir Masa Jabatannya pada Tanggal 17 Februari 2021 ini untuk selanjutnya akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan Penetapan.

“kami atas nama Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil bupati Pesisir Barat atas pengabdian dan kerjasamanya selama mengemban amanah sebagai Bupati dan Wakil bupati Pesisir Barat”.Terang Ketua DPRD Pesibar, Nazrul Arif. (Holil).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here