Beranda Ragam dr.Zam Zanariah Berikan Edukasi Tentang Parkinson dan Pola Hidup Sehat

dr.Zam Zanariah Berikan Edukasi Tentang Parkinson dan Pola Hidup Sehat

Onlinekoe.com – dr.Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes memberikan edukasi tentang parkinson dan pola hidup sehat bersama sepasang runner up 3 Duta Bersih Narkoba Lampung di Tegar TV, Rabu (9/01/2019).

Dalam siaran dialog spesial yang dibawakan oleh Christian Romeo diwal tahun ini mengundang kembali tamu spesial yang memberikan banyak inspirasi yakni dr.Zam yang sering disebut dokter aktivis.

Kali ini dr.Zam didampingi sepasang runner up 3 Duta Bersih Narkoba Lampung yakni Nia dan Pendi. Dalam siaran kali ini dr.Zam memberikan edukasi mengenai penyakit Parkinson.

“Penyakit parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau gemetaran”, papar dr.Zam.

Gejala-gejala lain yang mungkin dialami oleh penderita, seperti tremor makin parah dan menyebar, otot terasa kaku dan tidak fleksibel, pergerakan menjadi lambat, berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh, tambahnya.

“Hingga saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari 10 juta orang di dunia yang menderita penyakit Parkinson. Semua orang bisa terkena penyakit ini, namun kebanyakan adalah kalangan orang tua dan lebih cenderung terjadi kepada laki-laki. Biasanya gejala penyakit Parkinson mulai terasa ketika penderitanya memasuki usia 50 tahun. Tapi ada sekitar 5 persen orang yang mengalami gejalanya pada usia 40 tahun,” lanjut dr.Zam

Penyakit ini awet abadi Tidak ada obat yang bisa benar‐benar menyembuhkan tapi gejala dapat diobati dan komplikasi dapat dicegah misalnya dengan memberikan obat dopamin dengan berbagai level sesuai resep dokter guna membantu mengendalikan cara berjalan, bergerak, dan masalah tangan bergetar.

Untuk itu bila Anda memiliki tanda atau gejala parkinson tersebut atau ingin bertanya, konsultasikanlah kepada dokter. Setiap tubuh bertindak berbeda satu sama lain. Selalu diskusi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik, tutup dr.Zam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here