Beranda Ragam Dulsamson: Nach Lho Perizinan IMB Bakal Dihapus Pemerintah

Dulsamson: Nach Lho Perizinan IMB Bakal Dihapus Pemerintah

Onlinekoe.com, Bogor — Rencana pemerintah untuk merombak secara serentak perubahan undang-undang (UU) dalam satu aturan sekaligus (omnibus law). Seperti Izin Mendiirikan Bangunan (IMB) menjadi poin penting, yang dinilai menyulitkan dan sering kali tidak sesuai fakta pembangunan dilapangan.

Usulan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), penghapusan IMB ternyata mendapat sambutan hangat, dari sejumlah pengusaha di Bogor. Karena menurut mereka, IMB sumber masalah perizinan yang berbelit, bahkan dinilai sebagai sumber korupsi terselubung.

“Nach Lho, perizinan IMB bakal dihapus pemerintah, perizinan ini umumnya jadi sumber masalah bila mengurus suatu perizinan. Langkah pemerintah sangat tepat, bila IMB segera di hapus dalam persyaratan perizinan,” kata Ketum Benteng Pajajaran Dulsamson Sambarnyawa pada Sumatera Post Senin (23/9)

Upaya Menteri Sofyan Djalil patut didukung aturan teknis terkait penghapusan IMB, meski upaya tersebut masih digodok pemerintah. “Ada standar bangunan yang harus dipenuhi meski tak ada IMB,” kata Dulsamson.

Diharapkan dengan penghapusan itu, investasi akan lebih bagus selama mereka memiliki standar. Menurut Dulsamson selama ini pembangunan gedung yang ditemukan di lapangan sering kali tidak sesuai IMB yang diterbitkan. Sedangkan pemohon berlama lama mengurus izin acapkali terjadi merepotkan pemohon dan sepertinya ada kongkalikong di lapangan.

Penyalahgunaan itulah yang sepatutnya dihindari, namun sering terjadi. Semoga rencana tersebut segera terwujud, “Untuk membantu percepatan pembanguan yang selama ini selalu berlama lama dan biaya tinggi mengurus perizinan seperti IMB,”, kata Dulsamson Sambarnyawa.(Den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here