Event Pacu Kuda Payakumbuh Lebaran Cup 2024, Ini Lokasinya!

Onlinekoe.com | Payakumbuh – Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, membuka secara resmi pergelaran event Pacu Kuda Payakumbuh Lebaran Cup 2024 di Gelanggang Pacuak Kuda Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, Minggu (14/4/2024).

Pemprov Sumbar mengapresiasi gelaran event tersebut, karena bisa digelar secara gratis saat momentum lebaran, dan memiliki banyak dampak positif bagi masyarakat dan daerah.

“Alhamdulillah, gelaran event pacu kuda ini dapat digelar berbarengan dengan momentum berlebaran. Sehingga, banyak warga kita yang menonton, termasuk para perantau.”

“Terlebih, iven ini digelar secara gratis, sehingga segenap panitia penyelenggara patut kita apresiasi,” kata Mahyeldi.

Ia menjelaskan, Sumatra Barat (Sumbar) memiliki setidaknya delapan gelanggang pacuan kuda. Sehingga, penyelenggaraan event pacuan kuda di Sumbar mestinya bisa menjadi salah satu daya tarik dan kekhasan dunia pariwisata dan olahraga.

Oleh karena itu, Gubernur berharap ke depan setiap gelanggang pacuan kuda tersebut bisa menggelar event secara resmi, dan ditutup dengan penyelenggaraan event tingkat provinsi oleh Pemprov Sumbar.

“Kita sangat mendukung gelaran event ini. Sebab, sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat. Pertama, event ini akan mengembangkan potensi perternakan kuda di Sumbar.”

“Kedua, event ini akan membuka peluang usaha bagi UMKM karena sangat banyak warga yang menonton. Ketiga, event ini akan berdampak langsung pada dunia pariwisata dan perekonomian masyarakat,” jelas Gubernur Sumbar itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman Rizal mengungkapkan, seyogyanya gelaran event pacuan kuda Payakumbuh Cup digelar pada Februari 2024 lalu. Namun, karena berbenturan dengan pelaksanaan Pemilu, maka panitia memindahkan waktu pelaksanaannya menjadi April, yang berbarengan dengan momentum Hari Raya Idulfithri 1445 Hijriah.

“Kita patut mengapresiasi panitia penyelenggara, Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Payakumbuh, serta para sponsor yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini.”

“Sehingga, kegiatan ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis. Tentu, event ini akan menghadirkan kesan tersendiri bagi masyarakat, serta perantau yang memang berharap event ini digelar di masa libur lebaran,” tutur Jasman.

Sementara itu, Ketua Pordasi Kota Payakumbuh Rida Ananda dalam laporannya menerangkan, bahwa sebanyak 79 ekor kuda pacu ikut ambil bagian dalam gelaran event yang terdiri dari 14 race, dan memperebutkan hadiah total senilai Rp171 juta tersebut.

“Kuda-kuda yang ikut serta dalam event ini berasal dari berbagai daerah di Sumbar, Sumut, Riau, Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah,” terang Rida.

Pihaknya berharap event ini dapat menghibur dan meninggalkan kesan bagi seluruh masyarakat, termasuk para perantau kita yang sedang berlibur lebaran di kampung halaman. (Warman/adpsb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here