Beranda Lampung FIA Hijaukan ITS Lewat Penanaman Pohon Bersama

FIA Hijaukan ITS Lewat Penanaman Pohon Bersama

Onlinekoe.com, Surabaya – Kampus ITS, ITS News -Smart Eco Campus yang telah dideklarasikan sejak tahun 2011 oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merupakan inisiatif ITS untuk berperan aktif dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang berwawasan lingkungan. Untuk itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Alam (FIA) mencetuskan kegiatan Science Green and Clean (SGC) sebagai wujud keterlibatan dalam mendukung Smart Eco Campus ITS. Minggu (30/9)

Pada acara SCG ini dilakukan penanaman bibit pohon di sekitar lingkungan Fakultas Ilmu Alam (FIA), pengecatan tong sampah dan pembersihan taman. Ketua panitia SGC, Virezo Georgian menjelaskan kegiatan penanaman bibit pohon tersebut selain berdampak pada lingkungan, juga memiliki efek yang positif kepada pesertanya. Salah satunya untuk menjalin kekompakan dari tiga departemen yang tergabug dalam FIA, yakni Departemen Kimia, Departemen Biologi dan Departemen Fisika.

Mahasiswa asal Bandung ini memaparkan bahwa kegiatan itu terlaksana atas kerja sama dengan Dinas Kebersihan Kota Surabaya. Sebanyak 60 bibit tanaman dan kurang lebih 100 kilogram pupuk diterima dari Dinas Kebersihan Kota Surabaya untuk menunjang kegiatan itu.

Dekan Fakultas Ilmu Alam, Prof Dr rer nat Agus Rubiyanto M EngSc yang turut memantau kegiatan tersebut menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Walaupun kegiatan tersebut bisa dikatakan sederhana, yang terpenting ialah bisa terlaksana dan hasilnya dapat dilihat dalam bentuk nyata.

Harapannya, SGC tidak boleh berhenti begitu saja supaya manfaatnya dapat dinikmati secara maksimal. “Perlu pemeliharaan berkelanjutan seperti penyiraman yang rutin,” ujar dosen pada Departemen Fisika tersebut.

Alumnus dari Universitaet Paderborn, Jerman itu menambahkan bahwa dengan kegiatan seperti ini, FIA dapat sebagai pelopor untuk membuat ITS semakin hijau dalam kedepannya. Selain itu juga terdapat harapan kepada seluruh umat manusia di dunia ini, khususnya warga ITS sendiri untuk selalu menjaga dan memelihara lingkungan yang ditempati oleh berbagai macam makhluk hidup ini tanpa kenal henti. (Christian Saputro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here