Beranda Pendidikan FP Unbeng Kembangkan Anggrek Pencil yang Terancam Punah

FP Unbeng Kembangkan Anggrek Pencil yang Terancam Punah

Onlinekoe.com, Bengkulu – Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu mengembangkan teknik kultur jaringan untuk mempercepat peningkatan pengembangan tanaman anggrek pensil (Papillionanthe hookerina) yang terancam punah di wilayah itu.

“Teknik ini mampu meningkatkan populasi dan menyediakan indukan unggul anggrek pensil,” kata salah seorang peneliti anggrek, Atra Romeida di Bengkulu, Minggu.

Anggrek pensil merupakan tanaman hias endemik Bengkulu, di mana flora ini banyak ditemukan di kawasan Danau Dendam Tak Sudah yang memiliki luasan mencapai 557 hektare (ha) dan 67 ha luas permukaan air. Lokasi ini berjarak sekitar enam kilometer (km) dari Kota Bengkulu.

“Di habitatnya, kami hanya menemukan dua lokasi anggrek pensil. Lokasi pertama terdapat 50 batang, sedangkan lokasi kedua hanya ada sembilan batang. Populasi bunga ini sulit bertambah karena bijinya tidak memiliki cadangan makanan, sehingga angka harapan hidupnya rendah,” ungkapnya.

Dia berharap dengan melalui teknik kultur jaringan ini satu biji dari bibit unggul dapat diperbanyak menjadi 10.000 bibit baru. Teknik ini mampu meningkatkan populasi anggrek pensil di alam Bengkulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here