Beranda Lampung Ganas Annar MUI Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba pada Mahasiswa UIN Lampung

Ganas Annar MUI Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba pada Mahasiswa UIN Lampung

Onlinekoe.com – Sosialisasi penyalahgunaan gunanaan narkoba oleh Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) MUI Kota Bandar Lampung pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Senin (18/11/2019).

dr.Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes selaku ketua Ganas Annar MUI Kota Bandar Lampung mengatakan sebagai Mahasiswa harus tahu seluk beluk narkoba, pemanfaatannya, penyalahgunaannya dan dampak buruk dari Narkoba. Menurutnya ketika mahasiswa mengetahui seluk beluk narkoba maka mahasiswa mendapat informasi yang cukup sehingga dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Harapannya, dengan mengikuti Sosialisasi ini mahasiswa mampu berperan dalam pencegahan Narkoba, sehingga mahasiswa memiliki bekal sebagai agen sosialisasi di lingkungannya. Lanjutnya melalui penelitian ilmiah, skripsi dan tugas kuliah mahasiswa dapat mendiseminasikan solusi cerdas untuk memecahkan masalah narkoba serta ikut mencegah dan memutus rantai/jaringan narkoba, serta mahasiswa juga dapa membentuk organisasi anti narkoba guna mengkampanyekan narkoba, tambah dr.Zam

Kemudian dr.Zam juga menjelaskan definisi Narkoba yang artinya adalah bahan-bahan kimia yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Zat adiktif lainnya yang bila dimasukkan ke dalam tubuh manusia dapat mengubah pikiran, suasana hati, perasaan, perilaku seseorang, bahkan menghilangkan rasa nyeri.

Dengan tanda-tanda fisik berat badan turun drastis- mata cekung dan merah, muka pucat dan bibir kehitaman, buang air besar dan kencing tidak lancar, sakit perut tanpa alasan yang jelas, tangan berbintik merah dan terdapat perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan, lanjutnya.

Emosinya sangat sensitif dan cepat bosan menunjukkan perlawanan ketika ditegur atau dimarahi emosinya naik turun alias tidak stabil. Sedangkan perilakunya malas, tidak peduli, sering menyendiri, nafsu makan tidak menentu, takut air, sering menguap, bersikap manipulatif, barang dirumah sering hilang, ingkar janji, sering bertemu orang tidak dikenal, jelasnya.

dr.Zam juga memberikann langkah-langkah pencegahan dengan menjalin hubungan yang harmonis dalam keluarga, perkuat iman & taat beribadah, melakukan kegiatan positif dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang, hindari pergaulan dan lingkungan rawan narkoba, mengembangkan kemampuan memecahkan masalah serta penyuluhan bahaya narkoba.

60 orang mahasiswa/i Fakultas Tarbiyah Universitas Raden Intan Lampung diberikan pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba dengan menyampaikan penjelasan dampak penyalahgunaan narkoba dalam perspektif kesehatan dan Islam meliputi Jenis – jenis narkoba dan efek samping penyalahgunaannya, kerugian – kerugian yang ditimbulkan, dampak kesehatan hingga pada pandangan agama islam mengenai penyalahgunaan narkoba.

Turut hadir dalam kesempatan kali inil Sekretaris Prodi Fakultas Tarbiyah Dr.Rizal Firdaus, para TIM Ganas Annar MUI kota Bandar Lampung yakni; Pak Fais, Pak Nirwan, Pak Gunawan, Ibu Supraptiningsih, dan Abel Finalis Duta Bersih Narkoba Terfavorit.

Tujuan utama yang diharapkan dalam pelaksanaan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung adalah nemberikan pemahaman dan pengetahuan bahaya penyalahgunaan narkoba pada generasi terdidik guna membentengi diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba sekaligus mengajak peran aktif bersama menyebarluaskan informasi bahaya narkoba pada masyarakat luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here