Gubernur Mahyeldi Beri Arahan Kepada Mahasiswa KKN UNP

Onlinekoe.com | Padang – Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, memberikan arahan kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode Januari-Juni 2024, di Auditorium UNP, Selasa (2/1/2024).

Gubernur Mahyeldi mengingatkan, bahwa mahasiswa peserta KKN adalah calon pemimpin masa depan, yang harus merasakan langsung denyut nadi kehidupan masyarakat.

“Rekan-rekan mahasiswa memiliki tugas dan tanggungjawab untuk menjadi pemimpin di masa depan, yang bertepatan dengan perwujudan visi Indonesia Emas pada tahun 2024.”

“Oleh karena itu, rekan-rekan sekalian perlu perbekalan yang cukup untuk menjadi seorang pemimpin,” kata Mahyeldi.

Ia menjelaskan, KKN sendiri adalah salah satu langkah konkret memberikan perbekalan, modal, informasi, dan pengetahuan kepada para mahasiswa, dengan cara langsung menurunkan mahasiswa tersebut ke tengah masyakat, sehingga bisa merasakan langsung denyut nadi kehidupan masyarakat, serta memahami berbagai persoalan yang ada di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Sebab, Islam sendiri mengajarkan, bahwa pemimpin yang baik itu adalah mereka yang datang dari masyarakat, menyatu, berbaur, dan berinteraksi dengan masyarakat, serta memahami betul rasa dan denyut kehidupan bermasyarakat,” ingat Mahyeldi.

“Oleh karena itu, rekan-rekan mahasiswa UNP sekalian harus memanfaatkan momentum KKN ini dengan sebaik-baiknya,” sambungnya.

Pihaknya berharap para mahasiswa KKN UNP juga menjadi agen pemersatu bangsa dan memperkokoh kesatuan NKRI. Terlebih, pada tahun ini Indonesia akan segera menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu). Sehingga, kehadiran mahasiswa sebagai agen yang ikut memelihara persatuan masyarakat sangat dibutuhkan.

“Apresiasi kita ucapkan kepada Bapak Rektor beserta jajaran civitas akademika UNP yang telah memfasilitasi KKN ini, sebagai bagian dari langkah mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan. Sebab, untuk melakukan hal itu, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, dan peran lembaga-lembaga serta seluruh komponen bangsa memang sangat dibutuhkan,” ucap Mahyeldi menutup.

Turut serta memberikan sambutan dan arahan dalam kesempatan itu, Rektor UNP Prof Ganefri. Sementara itu, hadir mendampingi Gubernur Mahyeldi, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Amasrul; serta sejumlah Kepala Bidang dari instansi terkait di lingkup Pemprov Sumbar. (Warman/Adpsb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here