Beranda Pendidikan IIB Darmajaya Lepas 150 Mahasiswa PKPM dan KP Mandiri

IIB Darmajaya Lepas 150 Mahasiswa PKPM dan KP Mandiri

SumateraPost, BANDAR LAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melepas 150 mahasiswa untuk menjalani Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) dan Kerja Praktik (KP) Mandiri 2021 secara daring Senin, (15/2/2021).
Ketua Pelaksana PKPM dan KP Mandiri 2021, Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc., mengatakan 133 mahasiswa peserta PKPM Mandiri berasal dari lima program studi. Yaitu, Prodi Akuntansi sebanyak 40 orang, Manajemen 45 orang, Teknik Informatika 26 orang, Sistem Informasi 11 orang, dan Sistem Komputer 11 orang.

Sedangkan peserta KP Mandiri sebanyak 17 mahasiswa dengan rincian 5 orang dari Prodi Manajemen dan 12 dari Prodi Teknik Informatika. “Selamat menjalankan PKPM dan KP Mandiri (15 Februari – 15 Maret 2021). Jaga nama baik almamater dan berikan sumbangsih pemecahan masalah di lingkungan sekitar,” ucapnya.
Sementara, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset IIB Darmajaya, Dr. Abdul Aziz, S.T., M.T., mengatakan kegiatan PKPM sudah dilakukan oleh kampus biru ini sejak 12 tahun lalu.

PKPM dan KP merupakan sebutan kuliah kerja nyata (KKN) yang selama ini dilaksanakan perguruan tinggi lainnya.
“Program ini berbasis memaksimalkan potensi masyarakat dan keluarga, dimana di dalamnya termasuk UMKM dan perangkat desa. Program ini bagian dari IIB Darmajaya ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bersama masyarakat membuat Indonesia lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Abdul Aziz, pelaksanaan PKPM daring atau mandiri ini telah dilaksanakan semester lalu. “Kita sudah melaksanakan PKPM berbasis daring atau mandiri. Dua semester lalu kita lakukan dengan kelompok kecil dengan masuk ke UMKM-UMKM. Kini karena pandemi dilakukan dengan mandiri,” tuturnya.
Doktor lulusan Jepang ini menuturkan dengan melaksanakan PKPM Mandiri di lingkungan sekitar menjadikan pemecahan masalah yang sudah Anda ketahui. “Karena Anda tinggal di sana dan tahu persis masalah di sekitar Anda. Sehingga ini menjadikan Anda lebih kreatif untuk mencari penyelesaian masalah dari setiap lingkungan sekitar Anda. Anda juga telah mendapatkan pembimbing yang akan memudahkan Anda untuk menggali ide,” bebernya.

Abdul Aziz juga menambahkan tujuan mahasiswa melaksanakan KP selain mengimplementasikan ilmu juga membangun jiwa sosial. Karena ini juga adalah salah satu kunci sukses. Wakil Rektor 1 pun mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang melaksanakan PKPM dan KP.
“Pesan saya hanya satu, karena Anda adalah duta Darmajaya di luar jaga nama baik almamater, jaga nama baik pribadi. Efeknya adalah akan menjadi bangga bila kalian dapat memberikan sumbangsih dalam menyelesaikan persoalan di masyarakat maupun perusahaan tempat Anda melaksanakan KP,” kata dia. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here