Ikuti Bimtek Smart Village, Ini Harapan Kepala Inspektorat Way Kanan

Way Kanan – Bimbingan Teknis Smart Village di Lampung merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mengembangkan desa-desa di Lampung menjadikan desa pintar atau smart village.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta inovasi dalam berbagai aspek kehidupan seperti pertanian, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun team juarnalis terdapat 215 Kampung dari Kabupaten Way Kanan yang mengikuti Bimbingan Teknis Smart Village yang berlangsung di Bandar Lampung 22 – 24 April 2024.

Adapun Kegiatan dalam bimbingan teknis Smart Village di Lampung mencakup:

Pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi masyarakat desa.
Pembangunan infrastruktur TIK di desa-desa.

Pengembangan aplikasi atau sistem informasi untuk membantu manajemen sumber daya desa.

Pelatihan dalam pertanian modern, seperti pertanian berbasis teknologi dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Pelatihan dalam pemanfaatan energi terbarukan.

Program kewirausahaan dan pelatihan pengembangan usaha di tingkat desa

Pelatihan dalam pengelolaan keuangan desa secara efisien dan transparan.

Pengembangan model pembelajaran dan pelatihan untuk pendidikan di desa.

Program tersebut hanya beberapa contoh kegiatan yang mungkin dilakukan dalam bimbingan teknis Smart Village di Lampung. Tujuan akhirnya adalah untuk menciptakan desa-desa yang mandiri, berkelanjutan, dan mampu bersaing dalam era digital dengan memanfaatkan potensi lokal dan teknologi modern secara seimbang.

Kepala Inspektorat Kabupaten Way Kanan Dr. Arie Anthony Thamrin. S.STP.M.IP, Berharap kegiatan Smart Village berjalan dengan baik dengan tujuan dapat mendorong serta mengoptimalkan beragam potensi yang ada dikampung.

“Harapan dari inspktorat agar tujuan dari Smart Village ini dapat berjalan baik, yakni bertujuan untuk mendorong serta mengoptimalkan beragam potensi yang ada di masing-masing kampung khususnya di Kabupaten Way Kanan guna mendukung perekonomian sekaligus kesejahteraan Desa/Kampung,” ungkap Arie Anthony.

(Bung puting)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here