Beranda Ragam Kadis Kominfo Serahkan Subdomain, Webmail dan Email Sanapati SKPD

Kadis Kominfo Serahkan Subdomain, Webmail dan Email Sanapati SKPD

Onlinekoe.com – Dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menjadi titik tolak terhadap aspek legalitas, upaya masyarakat dalam mencari, memilih sumber dan mendapatkan informasi yang faktual dan dapat terpercaya. Karena Undang-Undang tersebut badan publik harus bisa menyesuaikan diri untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat sebagai pengguna informasi publik khususnya informasi tentang berbagai kegiatan dan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

 Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP saat membuka acara Penyerahan Subdomain Website, Email dan Email Sanapati Satuan Kerja Perangkat Daerah di Ruang Rapat Utama Pemerintah Daerah Kabupaten setempat, Kamis (07/02/2019).

Perkembangan pembangunan Sumber Daya Manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi tentunya tidak hanya untuk aktivitas layanan atau pengelolaan informasi, dalam pelaksanaannya membutuhkan banyak hal sebagai penunjangnya. Komunikasi dan informasi mempunyai peran penting  dan mendasar pada berbagai aspek, bahkan pada saat ini informasi telah menjadi bahan yang sangat berharga dan menentukan untuk mengambil kebijakan dalam menentukan keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

 “Informasi pembangunan dan kebijakan pemerintah yang penting diketahui dan dipahami oleh masyarakat, tidak semuanya dapat dipublikasikan melalui media massa konvensional, namun saat ini dapat dipublikasikan melalui media online maka informasi dapat lebih cepat efektif dan efisien”, ujar Sekda Saipul.

Website merupakan cara untuk menunjukkan eksistensi dari Pemerintah Kabupaten Way Kanan kepada masyarakat, lanjut Sekda Saipul, sehingga masyarakat dapat mengetahui kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh Pemerintah yang dapat diakses oleh siapa dan kapan saja. Hal tersebut sesuai kebutuhan masyarakat untuk memperoleh informasi secara cepat dan mudah, karena informasi memiliki peran yang sangat penting dan menentukan untuk mencapai suatu tujuan.

 “Dengan diserahkannya Sub domain website SKPD, Maka penyebaran informasi pembangunan dan kebijakan pemerintah menjadi tugas yang sangat penting dilakukan oleh administrator sub domain website SKPD, saya meminta agar Administrator dapat pro aktif menyampaikan informasi capaian program kegiatan kepada masyarakat sehingga peringkat kita pada anugerah keterbukaan informasi publik tahun ini dapat lebih baik lagi dari tahun lalu”, lanjutnya.

Pada acara tersebut juga diserahkan Email Sanapati yang merupakan pelaksanaan kegiatan Jaringan komunikasi sandi internal di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan yang mencakup kerahasiaan dokumen pemerintah yang bekerjasama dengan Badan Siber sandi Negara.

“Saya berpesan kepada pemegang atau Admin email sanapati untuk memilih, memilah, dan membedakan informasi-informasi yang bersifat rahasia, sangat rahasia, terbatas, penting, dan biasa, yang tak kalah pentingnya Admin email sanapati harus mampu menjaga kerahasiaan dokumen pemerintah”, tutur Sekda Saipul.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H. Bakhril, S.H.,M.M dalam laporannya mengatakan bahwa website baik domain maupun sub domain memiliki peran yang sangat penting dalam pelayanan keterbukaan informasi publik, selain itu website juga merupakan salah satu sarana strategis yang harus dimanfaatkan dalam membuka kran transparansi informasi publik setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat.

 “Aplikasi yang diserahkan kepada SKPD yaitu sub domain website SKPD dan Layanan Informati Publik, Webmail dan Email Sanapati. Dan kami juga sampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan pada Tahun 2018 berhasil meraih peringkat Ketiga Anugerah keterbukaan Informasi Publik Dari Komisi Informasi Provinsi Lampung untuk Kategori Kabupaten Kota dan Kampung Bumi Baru yang kita ikursertakan Untuk Kategori desa berhasil meriah peringkat Kelima. Hal ini tentu menjadi tantangan Bagi aparatur pemerintah untuk meningkatkan keterbukaan  informasi kepada masyarakat sebagai wujud dan salah satu implementasi dari sistem pemerintahan berbasis elektronik”, Ujar Kadis Kominfo, Bakhril.

 Diketahui, pada acara tersebut dihadiri oleh para Staf Ahli Bupati, para Asisten, kepala dan admin Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten serta Camat dan admin Kecamatan.

Aplikasi yang diserahkan kepada SKPD yaitu sub domain website SKPD dan Layanan Informati Publik, Webmail dan Email Sanapati. Dan kami juga sampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan pada Tahun 2018 berhasil meraih peringkat Ketiga Anugerah keterbukaan Informasi Publik Dari Komisi Informasi Provinsi Lampung untuk Kategori Kabupaten Kota dan Kampung Bumi Baru yang kita ikursertakan Untuk Kategori desa berhasil meriah peringkat Kelima. Hal ini tentu menjadi tantangan Bagi aparatur pemerintah untuk meningkatkan keterbukaan  informasi kepada masyarakat sebagai wujud dan salah satu implementasi dari sistem pemerintahan berbasis elektronik”, Ujar Kadis Kominfo, Bakhril.

 Diketahui, pada acara tersebut dihadiri oleh para Staf Ahli Bupati, para Asisten, kepala dan admin Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten serta Camat dan admin Kecamatan.

Serta dijelaskan tutorial pengisian website sub domain yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika, Priyanti, S.H.,M.M didampingi oleh admin website Kabupaten Edwar Apriadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here