Beranda NASIONAL Kakorlantas: Jelang Tutup Tahun, Puncak Jadi Magnet Bagi Warga Jabodetabek

Kakorlantas: Jelang Tutup Tahun, Puncak Jadi Magnet Bagi Warga Jabodetabek

Onlinekoe.com, Bogor — Kemacetan Kawasan Puncak, jadi perhatian pemerintah pusat. Karena setiap tahun wilayah tersebut selalu menjadi magnet dalam perayaan malam pergantian tahun, khususnya bagi warga Jabodetabek.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono meninjau kondisi lalu lintas jelang malam tahun baru di jalur Puncak, Bogor, Sabtu (28/12/2019) sore.

Didampingi Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi, Istiono menyatakan, kawasan Puncak, setiap tahun selalu menjadi magnet.
Untuk mencegah kemacetan panjang, karenanya perlu adanya rekayasa lalu lintas dengan menutup jalur Puncak dari dua arah mulai pukul 18.00 WIB tanggal 31 Desember 2019 hingga pukul 06.00 WIB 1 Januari 2020.

“Bagi masyarakat yang mau ke Puncak harus sudah tiba sebelum pukul 18.00 WIB. Kendaraan harus sudah naik ke atas semua karena akan ditutup untuk semua kendaraan baik dari atas maupun ke bawah,” katanya.

Istiono menjelaskan kendaraan roda empat yang boleh berlalu lalang hanya ambulance, mobil dinas pemadam kebakaran ataupun mobil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kendaraan dari dua instansi itu mendapatkan pengecualian karena mereka bekerja dalam kedaruratan, mereka tentunya akan mendapatkan pengawalan dari teman – teman Sat Lantas Polres Bogor,” papar Istiono.

Bagi masyarakat yang hendak menuju Kabupaten Cianjur, Bandung atau daerah sekitar lainnya, diminta menggunakan jalur Puncak pada saat diberlakukan Car Free Night.

Sedangkan yang terlanjur terjebak penutupan jalur Puncak bisa menggunakan jalur alternatif seperti jalur Jonggol maupun Sukabumi.

“Yang mau menuju Cianjur atau Bandung bisa melalui Sukabumi atau Jalan Transyogi Cileungsi – Jonggol – Cariu – Kabupaten Cianjur,” jelasnya. (Den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here