Beranda NASIONAL Kapolri Luncurkan ETLE Nasional Tahap I

Kapolri Luncurkan ETLE Nasional Tahap I

Onlinekoe.com, Jakarta – Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional tahap I diluncurkan.

Peluncuran ETLE atau tilang elektronik nasional tahap I itu dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

ETLE atau tilang elektronik nasional tahap I diterapkan di 12 Polda di Indonesia yang berjumlah 244 kamera.

” ETLE atau tilang elektronik nasional ini merupakan upaya Polri dalam membangun kesadaran berkendara. Dengan itu, diharapkan tingkat keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas bisa semakin baik, ” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat luncurkan ETLE nasional tahap I, Selasa (23/03/2021) di Gedung NTMC Polri, Jl MT Haryono, Jakarta Timur.

Lebih lanjut Ia mengatakan, upaya-upaya Polri untuk penegakan hukum betul-betul bisa disiplin.

” Tentunya perlu ada upaya-upaya penegakan hukum agar proses pelaksanan kegiatan para pengguna jalan betul-betul bisa disiplin, bisa mengutamakan keselamatan dan tentunya menghargai masyarakat lain sesama pengguna jalan, ” ucap Jenderal Sigit.

Mantan Kasat Intel Polres Jakbar ini menambahkan, ETLE dapat menindak 10 pelanggaran lalulintas.” ETLE dapat menindak 10 pelanggaran yakni pelanggaran traffic light, panggaran marka jalan, pelanggaran ganjil genap, pelanggaran menggunakan ponsel, pelanggaran melawan arus, pelanggaran tidak menggunakan helm, pelanggaran keabsahan STNK, pelanggaran tidak menggunakan sabuk pengaman dan pelanggaran pembatasan jenis kendaraan tertentu,” jelas Kapolri Jenderal L Sigit lagi.

Selain mendeteksi pelanggaran lalulintas, kata Sigit, ETLE juga dapat menjadi pendukung bukti kasus lainnya.” ETLE juga dapat menjadi pendukung bukti kasus kecelakaan dan tindak kriminalitas di jalan raya dengan menggunakan teknologi face recognition,” jelas Sigit.

Sementara ditempat yang sama Kakorlantas Polri Irjen Istiono menambahkan, korlantas masih terus bekerja agar penerapan ETLE bisa rampung di 34 Polda.

” Konsen tahap pertama ini tentunya akan ditindaklanjuti dengan launching kedua nanti rencananya. Akan kita bangun di 10 Polda berikutnya, yang kita rencanakan nanti sekitar 28 April kita resmikan launching kedua, nanti secara bertahap, akan kita laksanakan,” papar Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Inilah 12 Polda yang menerapkan ETLE atau tilang elektronik tahap I diantaranya adalah Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda Jateng, Polda Jatim, Polda Jambi, Polda Lampung, Polda Sumut, Polda Riau, Polda Sulsel, Polda Sumbar, Polda DIY dan Polda Banten.

Tampak hadir dalam acara launching atau peluncuran ETLE nasional tahap I tersebut adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PPN/Kepala Bappenas Manoarfa dan Menteri PAN dan RB Tjahyo Kumolo. (Alex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here