Kesiapan dan Serpas Tahap Pungut Suara, AKBP James: Jamin Keamanan Warga Datang Ke TPS

Onlinekoe – Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, menggelar Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan (Serpas) Operasi Mantap Brata (OMB) Krakatau 2024 pada tahap pungut suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di lapangan Mapolres setempat, hari Senin (12/02/2024) sore.

Apel Kesiapan dan Serpas tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0426 Tulang Bawang, Letkol Inf Triano Iqbal, SIP, M.Si, yang dihadiri oleh Danlanud Pangeran M Bun Yamin, Letko Pnb Yosi Hadi Wiyanto, Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, Pj. Bupati Tulang Bawang, Drs Qudrotul Ikhwan, MM, PJU Polres dan Forkopimda Tulang Bawang.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0426 Tulang Bawang juga membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, SH, SIK, M.Si dan mengajak semua stake holder yang terlibat untuk saling merangkul serta bersinergi dalam pengamanan di TPS.

“Apel Serpas yang kita gelar ini, merupakan pengecekan kesiapan penyelenggaraan Pemilu mulai dari kesiapan personel, serta kesiapan sarpras sebelum dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan pada tahap pemungutan dan penghitungan suara di Pemilu 2024,” kata Letkol Inf Iqbal.

Di tempat yang sama, Kapolres Tulang Bawang mengatakan, bahwa pada tahap pungut suara Pemilu 2024 di Kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengan Nyappur terdapat 1.307 tempat pemungutan suara (TPS), dengan rincian 1.261 TPS kurang rawan, 36 TPS rawan, 8 TPS sangat rawan, dan 2 TPS khusus (berada di Rutan Kelas IIB Menggala).

“Untuk mengamankan 1.307 TPS tersebut, kami mengerahkan 264 personel dengan rincian 228 personel dari Polres dan 36 personel BKO Polda Lampung, serta menyiagakan 31 personel BKO Dit Samapta Polda Lampung,” kata perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

Kapolres menerangkan, agar seluruh personel yang terlibat langsung dalam Pam TPS pada tahap pungut suara Pemilu 2024 untuk tetap menjalin kebersamaan, kekompakan, dan setia kawan antar sesama personel serta stake holder lainnya.

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan jangan pernah underestimate, serta tingkatkan kepercayaan dan empati masyarakat terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas Pam TPS,” terang AKBP James.

Orang nomor satu di Polres Tulang Bawang ini menambahkan, berikan rasa tenang kepada masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoaks, dan politik identitas yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Yakinkan warga masyarakat, bahwa Polri bersikap netral dan memberikan jaminan keamanan sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024 nanti di TPS dengan rasa aman dan tanpa adanya intimidasi dari pihak manapun,” imbuh perwira dengan melati dua dipundaknya. (Solihin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here