Beranda Ragam KPSC Bersihkan, Tumpukan Sampah Bambu di Sungai Cileungsi

KPSC Bersihkan, Tumpukan Sampah Bambu di Sungai Cileungsi

Onlinekoe.com, Bogor — Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KPSC) inisiasi gerakan bersih bersih Bendung Koja, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, melibatkan 150 personil berbagai instansi di Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor. Membersihkan timbunan sampah bambu yang menggunung di tempat itu.

“Gerakan pembersihan sampah dilokasi tersebut, melibatkan banyak unsur terkait, dan dilakukan sepanjang satu pekan ke depan,” kata Ketua (KPSC) Puarman saat dihubungi Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, data yang diterima dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, volume sampah mencapai 1.280 meter kubik dan hampir menutup seluruh badan sungai. Bila tak dibersihkan, ancaman tumpukan sampah membahayakan warga disaat penghujan tiba terbawa aliran sungai.

Ternyata gerakan tersebut kata Puarman, mendapat sambutan hangat dari sejumlah warga, tak sedikit dari mereka ikut bergabung, sebagai bentuk peduli terhadap lingungan. “Kalau bukan kita siapa lagi, tak etis kalau hal ini semua diserahkan pada pemerintah,” tandasnya. .

Selain menerjunkan sejumlah petugas, mereka juga ikut menggunakan beberapa alat pendukung berskala kecil dan menengah. Untuk membantu kegiatan tersebut. Namun Puarman, mengakui tidak menggunakan alat berat karena tak bisa masuk hingga ke bibir sungai, sarana jalan tak mendukung.

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Perum Jasa Tirta (PJT) II, DLH Provinsi Jabar, DLH Kabupaten Bogor, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, terlibat dalam gerakan bersih-bersih sungai.

“Bambu yang menutupi aliran sungai menjadi salah satu penyebab lima perumahan, di Kabupaten Bogor dan tiga di Kota Bekasi, di aliran sungai Cikeas banjir saat hujan deras mengguyur hulu sungai,” tandas Puarman. (Den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here