Beranda Lampung KSR PMI Darmajaya Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi

KSR PMI Darmajaya Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi

Onlinekoe.com, BANDARLAMPUNG — Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi. di Aula Gedung Alfian Husin Lantai 3, Sabtu (27/4/2019).
Pelatihan menghadirkan PMI Lampung Ir. Sumiyanto, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana dan Pelayanan Sosial PMI Lampung sebagai pembicara. Pelatihan diikuti anggota KSR PMI IIB Darmajaya.
Ketua Pelaksana kegiatan, Indriyani, mengatakan pelatihan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi digelar sesuai dengan gedung bertingkat yang ada di kampus. “Ini juga sesuai dengan banyaknya gedung di Darmajaya yang bertingfkat. Tujuannya, agar dapat mengetahui cara-cara penyelamatan bila terjadi bencana gempa bumi,” kata dia.
Menurut dia, tujuan lain kegiatan penanggulangan bencana, untuk membekali teman-teman tanggap dalam menghadapi bencana bila sewaktu-waktu terjadi. “Ini juga yang perdana kita gelar bersama PMI Lampung, karena sebelumnya dengan Basarnas dalam pelatihan vertical rescue,” tuturnya.
Kepala Bagian Ekstrakurikuler Biro Kemahasiswaan, Doni Andrianto, S. Kom., MTI., mengatakan kegiatan pelatihan penanggulangan bencana gempa bumi merupakan hal yang bermanfaat bila diikuti dengan baik. “Ini sangat baik karena dapat mengetahui cara-cara penyelamatan dan cara evakuasi warga saat terjadi bencana,” kata dia dalam sambutannya.
Doni–biasa disapa—juga mengatakan Provinsi Lampung yang memang dilewati oleh patahan gempa yang mengharuskan masyarakat selalu siap jika terjadi bencana.
“Temen-temen mahasiswa nantinya bisa mengedukasi masyarakat dan warga kampus lainnya. Karena, menjadi pelopor yang mengetahui serta memahami cara penanggulangan bencana gempa bumi,” kata dia. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here