Lulusan Seskoad Harus Kuasai Public Speaking dan Jago Nulis!

Onlinekoe.com | Jakarta — Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. menegaskan bahwa para lulusan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) harus memiliki kemampuan _public speaking_ dan mampu membuat tulisan yang berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Kasad saat memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danseskoad dari Mayjen TNI I Ketut Duara, S.E., M.Tr. (Han) kepada Mayjen TNI Agus Prangarso, S.Sos. yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Personel (Aspers) Kasad. Sementara jabatan Aspers Kasad kini diserahkan kepada Brigjen TNI Arief Gajah Mada, S.E., M.M. Sertijab digelar di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan bahwa TNI AD telah melakukan evaluasi pembinaan personel, termasuk upaya meningkatkan kualitas lulusan Seskoad dan para pengajarnya. Terkait hal itu, Kasad meminta seluruh Satuan Angkatan Darat mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dan menerapkan inovasi di satuannya masing-masing.

“Kita harus berani merubah materi-materi (pelajaran). Yang terpenting yakinkan itu dihasilkan dari diskusi dengan orang-orang yang kapabel di bidangnya. Bagaimana membentuk manusia, apalagi kita TNI, harus punya karakter, penting sekali itu. Tentang pengetahuan lain yang dibutuhkan, nanti kita bentuk tim lagi agar dapat diimplementasikan kepada siswa Seskoad. Yang jelas, para lulusan Seskoad, untuk kemampuan _public speaking_ dan membuat tulisan, harusnya bisa,” tegasnya.

Kasad menambahkan, banyak peluang-peluang yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan kualitas Angkatan Darat, serta mengembangkan teknologi yang dapat digunakan di lapangan. Seperti perlengkapan untuk tugas operasi prajurit TNI AD.

Menutup amanatnya, Kasad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mayjen TNI I Ketut Duara, yang akan memasuki masa purna tugas (pensiun), atas pengabdian dan dedikasinya selama bertugas di TNI AD. Selanjutnya, Kasad berpesan kepada para pejabat baru agar dapat mengembangkan kreativitas di satuannya demi kemajuan TNI AD.

(Alex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here