Beranda Pendidikan Mahasiswa IIB Darmajaya Ciptakan Papan Informasi Digital

Mahasiswa IIB Darmajaya Ciptakan Papan Informasi Digital

Onlinekoe.com, BANDARLAMPUNG – Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menciptakan papan informasi digital untuk jurusan.

Iqazdul Himam menggarap papan informasi digital jurusan selama empat bulan. Dalam papan informasi yang dibuatnya sangat friendly dengan menampilkan seputar kegiatan dan aktivitas jurusan, seperti jadwal kuliah harian, informasi pembimbing akademik, dan pengumuman yang bersifat Deadline dengan menampilkan informasi waktu secara count down.

Imam –biasa dia disapa – mengatakan pembuatan papan informasi digital merupakan tugas akhirnya dalam menjalani kuliah Diploma III di kampus biru Darmajaya. “Judul dari tugas akhir saya Pengembangan Raspberry untuk Informasi Digital Berbasis Web pada Jurusan Sistem Komputer dan Teknik Komputer IIB Darmajaya,” ungkapnya.

Menurutnya, kemudahan papan digital informasi yang dibuatnya hanya dengan menginput materi berupa gambar dan teks untuk ditampilkan dalam layar televisi. “Papan informasi yang saya buat ini untuk sistem update dan merubah lebih mudah,” tuturnya.
Tidak hanya informasi jurusan, papan digital juga dapat diisi informasi lainnya. “Papan informasi digital juga bisa menggantikan majalah dinding yang selama ini terdapat di beberapa lokasi di kampus,” ujarnya.

Ketua Jurusan Sistem Komputer dan Teknik Komputer, Bayu Nugroho, S.Kom., M.Eng, mengatakan Imam selama ini juga menjadi asisten di Laboratorium Sistem Komputer. “Kelebihan alat yang dibuat oleh Imam adalah dengan memanfaatkan SBC (Single Board Processor) yang merupakan device mini yang mempunyai kemampuan layaknya sebuah komputer PC yang mempunyai port multi fungsi dan juga bisa dikoneksikan ke internet. implementasi Papan informasi digital ini merupakan kombinasi disiplin ilmu Database programming dan Internet of Things,” ungkapnya.

Menurutnya, papan informasi yang dibuat Imam sangat berguna bagi jurusan. “Ini untuk lebih mengefisiensikan penggunaan kertas dan membantu informasi tersampaikan lebih cepat serta tahan lama,” ujarnya.

Bayu menambahkan dengan tampilan layar LCD yang cukup besar membuat informasi yang ditampilkan lebih jelas. “Jurusan juga selama ini mendorong penelitian mahasiswa yang menciptakan alat yang dapat berguna bagi masyarakat maupun stakeholder. Kita selalu memberikan masukan kepada mahasiswa dalam pembuatan tugas akhir maupun skripsi agar hasilnya dapat dimanfaatkan semua pihak,” tandasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here