Beranda Ragam Menteri PUPR RI Kunjungi PSN Bendungan Way Sekampung di Pekon Bumiratu

Menteri PUPR RI Kunjungi PSN Bendungan Way Sekampung di Pekon Bumiratu

Onlinekoe.com, Pringsewu -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono M.sc.Pd.D mengunjungi Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Way Sekampung di Pekon Bumiratu Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Kamis (22/11)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Didampingi Hari Suprayogi Dirjen SDA Kementerian PUPR, Ir. Ni Made Sumiarsih, M.Eng Kepala Pusat Bendungan Ditjen SDA Kementerian PUPR, Iriandi Kepala BBWS Lampung, Apri Setiawan Projec Manager PT PP, Dr. Hi. Fauzi Wakil Bupati Pringsewu, AKBP I Made Rasma.S.IK. M.Si. Kapolres Tanggamus, Helmy dan Bambang PPK Balai Besar Way Sekampung, Iptu Edi Suhendar Kapolsek Pagelaran, Kapt. Puryanto Danramil Pagelaran, dan sekitar 100 orang dari Karyawan PU, PP, Waskita dan Media Massa.

Saat tiba di Area Pembangunan Bendungan Way Sekampung, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono
M.sc. Pd.D., disambut di Kantor Balai Besar Way Sekampung yang ada diarea tersebut, dan langsung dipaparkan proses, tahapan dan hasil pembangunan dari awal hingga saat ini, dan juga melihat proses pembangunan melalui Video Dokumetasi dari Pembangunan Bendungan Way Sekampung tersebut. oleh Iriandi (Kepala BBWS Lampung)

Kemudian rombongan menuju lokasi Pembangunan Bendungan Way Sekampung, dan melihat langsung dari menara kontrol, dalam proses Blasting atau peledakan bukit untuk mempercepat pembangunan Bendungan Way Sekampung ini.

Dalam Kunjungan ini, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono
M.sc. Pd.D. (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia) mengatakan : Saat ini kita berada di bendungan Way Sekampung, ini akan dibangun lagi dibawahnya (hilirnya) bendungan Marga 3, jadi nanti di Way Sekampung ini ada 3 bendungan besar Batu Tegi, Way sekampug dan Marga 3,

Diantaranya pun ada bendung lagi, bendung seburuh dan bendung Jabung semuanya dibangun untuk mengoptimalkan dalam mengelola air Way Sekampung ini, karena potensinya sangat besar terutama untuk irigasi, menaikan indeks pertanaman dari dua kali menjadi 260 persen, luasanya pun akan bertambah, kalau Batu Tegi kan 55 ribu ini dengan Way Sekampung menjadi 750 ribu, nanti di marga 3 bertambah 15 ribu mungkin, jadi semua dimaksimalkan, untuk itu ini bagian juga dari 49 bendungan, yang diprogramkan oleh Presiden Jokowi, 1 daintara 49 rencana bendungan selama 5 tahun, yang dibangun pada masa Presiden Jokowi ini.

Kita tadinya akan selesai pada 2020 namun akan kita coba percepat di Desember 2019, salah satu upaya dalam percepatan nya yaitu, salah satunya tadi ada ledakan blasting itu sekali blasting bisa menghasikan 4000 Kubik, itu kalau pakai exsa pakai briker, satu hari mungkin tidak sampai 4000 Kubik, tapi kalau dengan blasing sekali cosnya akan sedikit nambah, tapi ditempat lain bisa di efisienkan, jadi misalnya batunya disini bisa digunakan untuk pembangunan inti bendung, jadi yang tadinya meti dibawa dari luar ini bisa dipakai dari sini, tadi kita itung lagi berapa yang diefesiensikan disana atau disini, mempercepat tujuanya.

Tujuan dan manfaat untuk masyarakat disekitar, terutama pada saat pelaksaan pasti ada manfaatnya untuk Pringsewu, pada saat selpas selesai nanti kalau kita lihat itu menjadi tempat wisata dari segi lingkungan pengelola bendungan jadi bisa dipakai menjadi tempat wisata, belum air nya nanti ini ada sekitar 70 juta meter kubik ini kapasitas nya, jadi bisa buat perikanan, asal tidak ada keramba, keramba itu merusak kualitas air, tapi kalau itu perikanan tangkap masih bisa dipakai untuk wisata.

Untuk pembangunan nya Ini sudah 42 persen pembangunan nya, jadi saya kira insyaallah di akhirat 2019 nanti akan selesai. dan ini kita lihat rapih pelaksanaanya, mengatasi longsoran tebing menggunakan penamaan pohon tidak harus dengan beton, saya kira ini metodelogi yang bagus, sebelumnya pernah kita laksanakan di luwi keris di Tasik, dengan metode yang sama.

Kegiatan kunjungan Menteri PUPR beserta Dirjen SDA dan jajaran sebelum kunjungan Presiden RI ke Lampung pada 23 November – 24 November 2018 diindikasikan untuk mengantisipasi kunjungan dadakan Presiden RI guna melihat Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi. Lampung khususnya PSN di Kabupaten Pringsewu..

Kunjungan selesai pada Pukul 17.50 WIB, berjalan dengan aman dan lancar. Untuk selanjutnya Mentri PUPR, melaksanakan Pemantauan ke Pekon Pujodadi Kecamatan. Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, diamana merupakan tempat yang akan di kunjungi Persiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. (benk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here