Beranda Bandar Lampung Musda Pramuka Kwarda Lampung 2020, Pemprov Ajak Kader Tumbuhkan Semangat Persatuan dan...

Musda Pramuka Kwarda Lampung 2020, Pemprov Ajak Kader Tumbuhkan Semangat Persatuan dan Kesatuan Nasional

Onlinekoe.com, BANDARLAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), mengajak kader Pramuka terus memupuk dan menumbuhkan semangat dan jiwa persaudaraan sebagai upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.

Hal itu diungkapkan Wagub Nunik saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) XV Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Lampung Tahun 2020 dengan tema “Bersama Pramuka Mewujudkan Lampung Berjaya” di Balai Keratun Lt.3, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Selasa (22/12/2020).

Wagub berharap Musda XV 2020 ini, dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang strategis dalam upaya melanjutkan dan meningkatkan pembinaan pramuka di daerah Lampung.

Menurutnya, hal ini juga sebagai salah satu bagian dari usaha menunjang pembangunan di daerah Lampung.

“Pupuk dan tumbuh suburkan semangat dan jiwa persaudaraan pramuka sebagai upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional,” ujar Wagub Nunik.

Pada kesempatan itu, Wagub Nunik yang juga selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Harian Gerakan Pramuka Lampung menerima Penghargaan Pancawarsa III.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada beberapa Bupati/Walikota berupa pengharagaan Mabicab Peduli.

Nunik menyebutkan Gerakan Pramuka juga harus memperbanyak kegiatan-kegiatan yang menyentuh masyarakat.

“Gerakan Pramuka harus mampu membina generasi muda untuk memperkuat dirinya dalam menangkal dan tidak terpengaruh pada hal-hal yang bersifat negatif,” katanya.

Melalui Visi ”Terdepan dalam Pendidikan Nonformal bagi Kaum Muda agar berkarakter dan Berkecakapan Hidup“, Nunik ingin generasi muda bangga menjadi Pramuka.

“Karena pramuka itu gembira, keren, pramuka itu asik, pramuka itu solusi dan pramuka itu peduli,” ujarnya.

Nunik juga mendorong agar pelaksanaan Musda XV 2020 dapat menghasilkan kesepakatan berupa usaha-usaha kongkrit untuk menghadapi dan menjawab tantangan yang dihadapi oleh Gerakan Pramuka.

“Sehingga mampu memfungsikan dan memerankan keberadaan Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan yang bertugas membantu pemerintah dan masyarakat melalui pendidikan non formal,” katanya.

Kepada para Bupati/Walikota yang menerima penghargaan Mabicab Peduli, Nunik berharap dapat lebih ditingkatkan perannya dalam memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan.

“Sehingga dapat berkesinambungan dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Kerjasama Luar Negeri Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Ahmad Rusdi meminta agar seluruh pengurus Majelis Pembimbing di Lampung, baik ditingkat daerah maupun cabang melalui para Bupati/Walikota, terus memberikan dukungan dan arahan untuk pengembangan kepramukaan di Provinsi Lampung.

Menurutnya, dukungan ini akan membantu mengembangkan kegiatan kepramukaan di Provinsi Lampung yang pada gilirannya akan membantu terwujudnya generasi muda yang berkarakter positif dan siap menghadapi masa depan yang lebih baik.

“Terimakasih juga kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang terus memberikan dukungan baik moril maupun materil bagi pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Provinsi Lampung,” ujar Ahmad.

Pada Musda XV Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Lampung Tahun 2020, selain menilai dan membahas laporan pertanggungjawaban kwartir daerah gerakan pramuka Lampung masa bakti 2015-2020, juga menyusun dan menetapkan rencana kerja kwartir daerah gerakan pramuka Lampung masa bakti 2020-2025.

Dalam Musda ini juga digelar pemilihan dan pengesahan Ketua Kwartir Daerah Lampung masa bakti 2020-2025. (Adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here