Operasi Keselamatan Krakatau Tahun 2024 Polres Way Kanan

Onlinekoe – Polres Way Kanan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Krakatau Tahun 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan Polres Way Kanan di halaman Mapolres Way Kanan., Sabtu (02/03/2024).

Gelar pasukan dipimpin Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo yang diikuti pejabat utama, TNI, personel Polres Way Kanan dan komunitas club motor, juga menyematkan pita kepada perwakilan personil anggota TNI dari Kodim 0427 Way Kanan, Sub Denpom Way Kanan dan Polres Way Kanan menandakan dimulainya Operasi Keselamatan Krakatau 2024.

Dimana operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari dimulai pada tanggal 04 sd 17 Maret 2024 secara serentak di seluruh indonesia.

Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo selaku pimpinan apel membacakan amanat Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Polisi Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si mengucapkan terima kasih kepada segenap stake holders bidang lalu lintas dan tamu undangan atas kehadirannya pada apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Krakatau 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan hari ini, saya berharap sinergitas yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan.

Seperti kita ketahui bersama bangsa Indonesia telah melaksanakan agenda besar yaitu Pemilu 2024, dimana secara garis besar Polri telah berhasil mengamankan setiap tahapan pelaksanaan pemilu 2024, sehingga khususnya masyarakat dapat melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan aman dan nyaman dengan terwujudnya Pemilu yang damai pada tahun 2024.

Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh anggota Polri berkomitmen untuk tetap netral dalam menjaga kesetabilan dan ketertiban masyarakat pada saat tahapan pelaksanaan maupun pasca pemilu sehingga proses demokrasi dapat berjalan lancar dan damai.

Dengan adanya sinergitas baik institusi pemerintahan, penyelenggara pemilu, maupun masyarakat menjadi kunci utama untuk mempertahankan nilai persatuan-kesatuan bangsa.

Operasi harkamtibmas secara serentak di seluruh Indonesia ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang bersifat edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakan hukum secara elektronik / teguran simpatik.

Lanjut, Kapolres operasi ini yang bertujuan untuk menurunnya angka pelanggaran lalu lintas, laka lantas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas khususnya di wilayah hukum Polres Way Kanan dan jajaran dalam rangka cipkon kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

Adapun prioritas pelanggaran pada operasi ini pertama yaitu kendaraan bermotor R2/4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan (knalpot brong), kedua kendaraan yang tidak setandar pabrikan, menambah panjang rangka atau merubah spektek dan kendaraan barang yang over dimensi dan over loading.

Ketiga kendaraan pribadi yang menggunakan sirine, rotator atau strobo bukan peruntukannya keempat TNKB kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau spektek dan kelima pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI.

Mengakhiri amanat, Kapolda Lampung berpesan agar sebelum melaksanakan tugas selalu berdoa kepada Allah SWT Tuhan YME semoga selalu dalam lindungannya.

Selain itu, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas, hindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri

Selanjutnya lakukan tugas operasi ini dengan baik pedomani standar operasional prosedur yang ada dalam setiap melaksanakan tugas.

(Bung puting)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here