Beranda Bandar Lampung Pemprov Lakukan Transformasi Birokasi Bidang Kearsipan melalui Budaya Tertib Arsip

Pemprov Lakukan Transformasi Birokasi Bidang Kearsipan melalui Budaya Tertib Arsip

Onlinekoe.com, BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung melakukan transformasi birokasi dalam bidang kearsipan melalui penyelenggaraan “Tertib Arsip Cermin Budaya Bangsa.”

Hal itu diungkapkan Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Syaiful Dermawan saat mewakili Gubernur Arinal Djunaidi menjadi Pembina Upacara Mingguan, Senin (23/12) di Lapangan Kopri Kantor Gubernur.

Menurut Syaiful, tertib arsip memiliki makna penting khususnya dalam memberikan informasi kepada generasi penerus bangsa. “Sehingga arsip dapat dijadikan referensi bagi setiap generasi selanjutnya,” ujar Syaiful.

Dalam menghadapi revolusi industry 4.0, lanjut Syaiful, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung diimbau dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pengelolaan arsip, contohnya teknologi komputasi awan (e-cloud computing) sebagai tenologi digital library.

“Teknologi komputasi awan memungkinkan penghematan ruang penyimpanan arisp/dokumen yang sangat signifikan, karena ribun ton arsip dapat disimpan dan diakses dengan cepat dan efisien, kapanpun dan dimanapun,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Syaiful mengimbau setiap OPD menyiapkan tenaga pengelola arsip dan tenaga fungsional arsiparis yang mampu memanfaatkan revolusi industry 4.0 khususnya teknologi awan sehingga bisa menata, memelihara serta memillah mana yang dapat dijadikan arsip statis atau mana yang harus dimusnahkan.

Diimbau juga agar dapat menggunakan data arsip tersebut sebagai bahan analisa kebijakan di masa mendatang. (Humas Prov Lampung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here