Beranda Bandar Lampung Pemprov Siap Dukung Tes Cepat Massal

Pemprov Siap Dukung Tes Cepat Massal

Onlinekoe.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siap mendukung pelaksanaan tes cepat (rapid test) massal terutama bagi empat kabupaten/kota yang memiliki jumlah kasus positif COVID-19 terbanyak di daerah ini.

“Kalau kami provinsi pada dasarnya sudah siap dan mudah-mudahan kabupaten/kota juga sudah siap melaksanakan tes cepat massal ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Senin (22/06)

Reihana mengungkapkan bahwa apabila semuanya sudah siap, maka secepatnya pelaksanaan tes cepat massal akan dilakukan, dan guna mendukungnya pemprov akan membantu ketersediaan peralatannya.

“Untuk Kota Bandarlampung karena jumlah kasusnya paling banyak, kami akan bantu seribu alat, sedangkan tiga kabupaten/kota lainnya setengah dari itu, tapi kita lihat kondisi di lapangan bagaimana, apabila masih kurang ya ditambah,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa pelaksanaan tes cepat tersebut akan dilakukan secara bertahap di masing-masing daerah, namun pelaksanaan tes cepat massal, tergantung bagaimana koordinasi dan kesiapan dari kabupaten/kota itu sendiri.

“Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut terlebih dahulu mereka harus menyiapkan alurnya, dimana tempat pelaksanaannya, bagaimana jika ada yang reaktif, kan jika reaktif harus langsung dites swab, nah tempat pengambilan swabnya juga dimana,” ujarnya lagi.

Kepala Dinkes Lampung itu menginginkan pada pelaksanaannya nanti setiap orang yang memasuki pasar harus dilakukan pengecekan tes cepat, tapi semua itu kembali pada kesanggupan dari masing-masing kabupaten/kota.

“Untuk target melihat kesanggupan daerah, kalau kami inginnya yang masuk pasar semuanya dilakukan tes cepat. Secepatnya akan kita lakukan jika kabupaten/kota sudah siap,” ujarnya pula.

Sebelumnya, Pemprov Lampung telah merencanakan dan berkoordinasi dengan empat daerah untuk pelaksanaan tes cepat massal, yakni Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Pesawaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here