Penguatan Peran dan Fungsi Badan Kehormatan Pasca Pemilu Legislatif 2024

Onlinekoe – Guna menguatkan peran dan fungsi Badan Kehormatan DPRD Provinsi Lampung Pasca Pemilu Legislatif 2024 melakukan diskusi sekaligus tanya jawab prihal tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat.

Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay mengatakan dalam sambutannya dihadapan peserta menegaskan bahwa Badan Kehormatan DPR adalah suatu lembaga permanen yang dibentuk dalam rangka menyelaraskan serta menjalin sinergitas antara anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

“Badan Kehormatan adalah suatu lembaga untuk melakukan sharing antara Anggota DPRD Lampung dengan Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, sebab DPRD adalah penyelenggara negara bersama pihak eksekutif. Kemudian Badan Kehormatan DPRD ini melakukan edukasi, menjaga etika, moral serta dituntut agar menjaga marwah Anggota DPR dalam melakukan tugas dan fungsi,” ujar Mingrum Gumay.

Dia juga menambahkan bahwa Badan Kehormatan dituntut untuk melakukan edukasi, kultural dan adat budaya yang berbeda.

“Badan Kehormatan DPRD adalah simbol lembaga peradaban di Gedung Dewan untuk menjaga marwah Anggota Dewan dimata publik,” tuturnya.

Sementara Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Lampung, Azwar Yacub menekankan pentingnya asistensi ini agar Anggota Dewan dapat menjaga kehormatan, etika serta menjunjung tinggi kehormatan lembaga.

“Saya rasa sudah menjadi kewajiban kita semua sebagai anggota dewan yang terhormat untuk mentaati aturan kelembagaan serta tugas, pokok dan fungsi. Marilah kita jaga moral ataupun akhlak, martabat dan harga diri, kehormatan, nama baik dan kemuliaan dan kredibilitas atau dapat dipercaya,” kata Azwar Yacub.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Sekretaris Dewan Hj. Tina Malinda (beserta staf), Tenaga Ahli Badan Kehormatan Mawardi Shoubier, Anggota Dewan asal Tulang Bawang Barat dan undangan lainnya.

Adapun Asistensi Badan Kehormatan Badan Kehormatan DPRD Lampung berlangsung pada tanggal 5 – 7 Maret 2024 bertempat di Grand Elty, Desa Merak Belantung, Lampung Selatan.

(Sony/One’)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here