Beranda Ragam Penilaian Lomba Kesrak Meriah dan Sukses

Penilaian Lomba Kesrak Meriah dan Sukses

Onlinekoe.com, PESISIR BARAT – Penilaian lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 Kabupaten Pesisir Barat, (Pesibar) yang dipusatkan di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Ngambur, Jumat (7/12) berlangsung meriah dan sukses.

Kegiatan yang diawali dengan senam Seribu dan peragaan mencuci tangan pakai sabun yang langsung dipimpin oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Pesibar Septi Istiqlal cukup menarik perhatian para tim penilai dari Provinsi Lampung serta para undangan yang hadir.

Kegiatan tersebut, selain dihadiri Ketua TP-PKK Pesibar, Septi Istiqlal, Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, Wakil Bupati Pesibar, Erlina, serta rombongan tim penilai Lomba Kesrak PPK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi, yang diketuai oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Advokasi Informasi Zainal Aspin. Para kepala OPD Pesibar, Forkopimda Pesibar-Lambar, Kapolsek Bengkunat, Ipda. Ono Karyono, Camat, Peratin dan masyarakat perwakilan Kabupaten Pesibar.

Dalam laporan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesibar, Septi Istiqlal sekaligus ucapan selamat datang kepada ketua tim penilai beserta rombongan dari Provinsi Lampung di Pekon Sukabanjar Kecamatan Ngambur dan permohonan maaf apa bila dalam penyambutan dan penerimaan masyrakat dan panitia selama berada di Kabupaten Pesibar masih banyak kekurangan.

Pihaknya mengatakan kegiatan Kesrak dilaksanakan melaIui pemberdayaan masyarakat dalam Kesrak PKK-KB-Kesehatan dan Kegiatan PKK di tingkat pekon. Harapannya, mampu memantapkan peran kelembagaan dan 10 Program Pokok PKK khususnya di bidang KB dan Kesehatan.

Kegiatan ini sekaligus mampu memberikan daya ungkit untuk meningkatkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Seperti, Posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) khususnya di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Ngambur.

Sementara Bupati Pesibar, Agus Istiqlal menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pekon Sukabajar ini merupakan salah satu pekon yang mewakili Kabupaten Pesibar untuk diikut sertakan dalam lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung tahun 2018, setelah mengikuti lomba tingkat kabupaten pada beberapa waktu yang lalu.

“Tentu saja ajang penilaian lomba Kesrak PKK-KB-kesehatan tingkat provinsi lampung tahun 2018 ini, diharapkan akan meningkatkan motivasi segenap jajaran pemerintah dan masyarakat untuk lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam mengintergrasikan pemikiran dan kegiatan pada lembaga Kesrak PKK-KB,” jelas Agus.

Kegiatan ini bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan istitusi KB-kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utama.

Selanjutnya, pihaknya mengajak masyarakat PKK untuk mengambil makna dari lomba ini dengan senantiasa meningkatkan peranan gerakan PKK, sebagai gerakan yang dimotori wanita dengan sepuluh program pokok PKK dan pembangunan bidang KB-kesehatan secara terpadu antara jajaran tim penggerak PKK, dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana dan dinas kesehatan Kabupaten Pesibar

Pihaknya juga menghimbau petugas dan pengelola kegiatan ini agar dapat bekerja keras dan bekerja sama untuk menghasilkan karya yang nyata, sehingga bisa menghidupkan pemberdayaan masyarakat yang benar-benar meyentuh kehidupan masyarakat dan bisa menjadi cerminan awal untuk melihat sejauh mana kemajuan yang dicapai dalam melaksanakan kesatuan gerak PKK-KB-kesehatan serta perubahan yang terjadi di tatanan hidup dan kesejahteraan masyarakat sebagai dampak kegiatan khususnya pada Pekon Sukabanjar Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesibar.

Sementara, Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak PKK-KB-kesehatan, Zainal Aspin selaku kepala Bidang Advokasi dan Informasi menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu memicu keberhasilan PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk berprilaku Iebih baik dan berperan dalam menyukseskan program pemerintah.

Selain itu, kegiatan ini mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Kemudian, mewujudkan masyarakat yang Iebih sejahtera.

“Kader PKK sampai ke tingkat Dasawisma diharapkan dapat mensosialisasikan program E-money. Di dalamnya terdapat potensi ekonomi di desa yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan Iayanan jasa keuangan, seperti memiliki tabungan, pinjaman,” ujar Zainal.

Zainal menyebutkan akan adanya penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan, Posyandu, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga, serta lingkungan Bersih dan Sehat.

Lalu, untuk lomba Kegiatan PKK dilakukan penilaian terhadap lima jenis kegiatan PKK.

“Lima jenis tersebut yakni pelaksana terbaik Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Inspeksi Visual Asam Assetat (IVA) Test,”terangnya. Gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here