Peninjauan Kondisi Distrik Kiwirok Pasca Konflik

Jayapura – Dansatgas Yonif 143/TWEJ Letkol Inf Ari Iswoyo Timor, S. Hub.Int, mendampingi Danrem 172/PWY Kodam XVII/Cen Brigjen TNI J.O. Sembiring selaku Dankolakops Satgas dalam rangka meninjau kondisi Distrik Kiwirok Kab. Pegunungan Bintang, Kamis (03/11/2022)

Kunjungan Danrem 172/PWY tersebut atas permintaan dari Pemda Pegunungan Bintang yang ingin mengembalikan masyarakat Distrik Kiwirok yang sempat meninggalkan Distrik Kiwirok Kab. Pegunungan Bintang.

Pada kunjungan ini Letkol Inf Ari Isowoyo Timor, S.Hub.Int, selaku Dansatgas Yonif 143/TWEJ berkesempatan untuk mendampingi Danrem dalam rangka meninjau wilayah tersebut.

“Ini sekaligus memastikan kondisi terkini Distrik Kiwirok yang juga berada di sekitar Pos Komando Utama ( Kout ) dari Satgas Pamtas Yonif 143/TWEJ dibawah pimpinan Wadanyonif 143/TWEJ Mayor Inf Adi Ariyanto,” ungkap Dansatgas.

Kedatangan Rombongan disambut oleh Wadanyon 143/TWEJ Mayor Inf Adi Ariyanto dan juga dari Satgas Brimob Mabespolri dimana satuan ini mempunyai tugas di lokasi yang sama di wilayah tersebut.

Setibanya di lokasi tersebut, rombongan langsung meninjau kondisi terkini Distrik Kiwirok dan dijumpai banyak bangunan yang terbengkalai akibat cukup lama dikosongkan oleh penduduk setempat. Distrik Kiwirok sudah setahun lebih ditinggalkan oleh masyarakatnya akibat konflik yang ditimbulkan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) pimpinan Ngalum Kupel pada September tahun lalu, dimana ada sekitar 370 jiwa penduduk Distrik Kiwirok terpaksa meninggalkan rumah untuk mengamankan diri demi mencari keselamatan jiwa ditempat yang lebih aman.

“Kedatangan ke lokasi ini juga untuk memberikan dukungan moril kepada anggotanya yang berada Pos Kiwirok. Kita disini berjalan sama – sama saya harap yang di Pos Kiwirok agar saling bahu membahu karena kedepan kita disini memiliki misi yang besar yaitu membantu Danrem dan Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang untuk mengembalikan masyarakat Distrik Kiwirok ke rumahnya masing – masing, sehingga bisa merayakan Natal dan Tahun Baru di Kampungnya sendiri, saya harap kalian disini tetap semangat dan jaga kesehatan,” kata Dansatgas Yonif 143/TWEJ Letkol Inf Ari Iswoyo Timor, S.Hub.Int.

Dirinya selaku Dansatgas Yonif 143/TWEJ menyatakan pihaknya siap untuk membantu Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang dalam rangka mengembalikan masyarakat yang mengamankan diri dari Distrik Kiwirok kembali kekampung dan rumahnya masing – masing. Pihaknya juga mengatakan akan bekerja sama dengan satgas TNI/Polri lainya.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami yang saat ini bertugas disini karena diberikan kepercayaan untuk dapat terlibat langsung dalam misi kemanusiaan ini, oleh karena itu saya akan bekerja sama dengan pihak – pihak terkait demi kelancaran tugas yang dipercayakan kepada kami,” jelas Dansatgas Yonif 143/TWEJ.

“Ingat kita datang untuk menjadi saudara dan keluarga selalu jaga kekompakan dan pelihara kesehatan, serta bantu kesulitan masyarakat,” tegas Letkol Inf Ari Iswoyo Timor, S.Hub.Int.”

(Pen Satgas Yonif 143/TWEJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here