Penyerahan Penghargaan bagi Guru dan Tendik Berprestasi Sumbar 2023

Onlinekoe.com | Padang – Gubernur Sumatra Barat menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) terus berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Sumatra Barat (Sumbar).

Selain terus memberikan porsi terbesar anggaran untuk sektor pendidikan, Pemprov Sumbar juga terus memberikan apresiasi terhadap segenap insan pendidikan, termasuk kepada guru dan tenaga kependidikan (Tendik).

“Sektor pendidikan berperan penting untuk mewujudkan visi Sumbar, yaitu terwujudnya Sumatra Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan. Berbicara pendidikan, maka kata kuncinya adalah guru,” kata Mahyeldi saat membuka kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi Provinsi Sumatera Barat 2023, di Auditorium Istana Gubernur Sumbar, Jum’at (8/12/2023).

Ia sebut, beberapa tahun terakhir prestasi luar biasa telah ditorehkan oleh segenap insan pendidikan di Sumbar, mulai dari kalangan siswa, guru, pengawas, hingga kepala sekolah.

Terbukti, kata Mahyeldi, banyak penghargaan tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional, yang diraih oleh insan pendidikan SMA, SMK, dan SLB. Begitupun di tingkat SD, SMP, MIN, MTsN, MAN, Pondok Pesantren, hingga Perguruan Tinggi.

“Kami meyakini, perhatian yang baik kepada Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan berbanding lurus dengan kemajuan bangsa.”

“Saya juga mengingatkan, agar seluruh pejabat berwenang untuk terus menjaga para guru, dan tidak membuat guru menjadi resah,” tuturnya.

“Sebab, ketidaknyamanan guru dalam bekerja akan berdampak pada kualitas pendidikan secara menyeluruh,” sambungnya.

Di sisi lain, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI), Endang Kurnia Saputra, turut menyampaikan penghargaan kepada insan pendidikan Sumbar atas dedikasinya di dunia pendidikan yang melahirkan para pembesar, pemimpin, dan SDM unggul bagi bangsa dan negara, termasuk bagi Sumbar.

“Bagi BI, para guru juga pahlawan ekonomi, salah satunya karena dedikasi para guru yang tiada henti merawat dan menumbuhkan kecintaan kepada rupiah.”

“Khusus untuk Sumbar sendiri, Dinas Pendidikan Sumbar juga mendapatkan penghargaan tingkat nasional karena telah memasukkan kurikulum pelajaran rupiah ke dalam mata pelajaran ekonomi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Endang juga
menyampaikan komitmen, bahwa BI akan menyiapkan beasiswa khusus bagi anak-anak dari guru berprestasi, yang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), UIN Imam Bonjol, dan dilanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan swasta lain di Sumbar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius, dalam laporannya mengatakan, dalam kesempatan itu Pemprov Sumbar memberikan penghargaan kepada 43 guru dan tenaga kependidikan (GTK), pengawas, serta Kepsek SMA, SMK, dan SLB, yang berhasil meraih prestasi tingkat provinsi, nasional, dan internasional. (Warman/Adpsb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here