Peringati Sumpah Pemuda, Matala UTB dan Alumni Gelar Penanaman Pohon

Onlinekoe.com | Kelompok Pecinta Alam Universitas Tulang Bawang yang tergabung dalam Matala UTB Lampung beserta para Alumni UTB Lampung melakukan kegiatan penanaman pohon di sekitar wilayah register 19, Gunung Betung, Sumber Agung, Pesawaran.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dilaksanakan pada hari Jumat lalu dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda (28 Oktober 2022).
Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Yuli (Angkatan XII) penanaman pohon penghijauan itu dilakukan untuk mengajak para pemuda/i agar selalu memperhatikan lingkungan, terutama di zona hijau.

“Kegiatan ini selain memperingati Hari Sumpah Pemuda – 28 Oktober 2022 juga bermaksud untuk mengimbau serta mengajak kawan- kawan para pemuda/i agar jangan terlena dengan kesibukan sehari-hari. Ada salah satu kewajiban kita yakni menghijaukan dan melestarikan hutan gunung agar tetap asri dan lestari. Karena kawasan hutan gunung di register 19 ini adalah kawasan penopang yang kaya akan oksigen dan sumber daya alam serta segala habitat kehidupan didalam nya. Jadi perlu perhatian dan penanganan yang serius oleh dan dari kita,” ujar Yuli.

Penggiat alam bebas ini juga mengingatkan kepada kaum pemuda dan remaja agar senantiasa melakukan pekerjaan tanpa pamrih.

“Mari kita hibahkan tenaga dan pikiran kita untuk kelangsungan kehidupan generasi selanjutnya setelah kita, seperti yang dilakukan oleh para pejuang sebelum kita,” tegas Yuli yang keseharian nya disapa dengan nama akrab nya Harau ini.

Sementara selaku Angkatan Perintis Drs.Idrus Bangsaratu mewakili para Alumni Matala UTB Lampung menuturkan sangat bangga dengan kegiatan adik-adik Matala UTB yang masih aktif melakukan aktifitas dengan menanam pohon penghijauan.

“Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada adik-adik terutama bagi Angkatan XII yang dengan sukarela melaksanakan kegiatan ini.
Mereka iuran (sokongan) seadanya untuk merealisasikan pelaksanaan penanaman pohon ini. Bangga sekali kami sebagai Angkatan Perintis,” pungkas Idrus Bangsaratu.

Adapun kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon ini berlangsung selama satu hari, sebelumnya (27 Oktober 2022) anggota Matala UTB Lampung berjumlah 38 orang (dari perwakilan Angkatan) telah bermalam (Camping) di Gunung Betung dalam rangka malam ‘Perenungan Suci’ sambil menyalakan lilin.

(One’)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here