PMI Jaksel Kirim Tim Relawan Untuk Korban Gempa Cianjur

Onlinekoe | Ketua PMI Jakarta Selatan Abdul Haris tepat pada pukul 20.39 WIB, melepas tim relawan untuk mengevakuasi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/22). Tim PMI Jakarta Selatan tiba di lokasi pada pukul 01.44 WIB.

Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan mengirimkan sebanyak 18 personel relawan untuk membantu proses evakuasi korban gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, siang tadi.

TIM PMI Jakarta Selatan dipimpin Kepala Markas Imam Kusmanto dan Kabidang Pelayanan Bencana Andi Gumelar.

Tim akan bergabung bersama PMI kota Cianjur untuk koordinasi Lapangan guna mendapat informasi lebih lanjut dalam tugas,” kata Haris

“Langkah ini merupakan aksi tanggap darurat terhadap bencana, selain PMI Jakarta Selatan, diberangkatkan juga PMI Jakarta Utara untuk bergabung, bersama di cianjur. Dan PMI DKI Jakarta akan mengerahkan PMI Wilayah lain secara gantian,” ujarnya.

“Ini bagian inisiatif kami untuk mengirimkan tim relawan dalam membantu proses evakuasi korban gempa. Karena jumlah relawan mereka terbatas sehingga kami kirimkan 18 personel relawan dari Jakarta Selatan,
” tambah Haris.

Dikatakannya, relawan dilepas langsung oleh Kepala Markas PMI Jakarta Selatan Abdul Haris untuk diberangkatkan menggunakan 1 unit ambulans dan satu unit mobil logistik, Para relawan dibekali dengan perlengkapan pertolongan pertama.

“Kami juga membawa 120 Selimut ,3 dus masker, 2 Terpal,5 Beras, 4 Sekop, 10 Pacul, 12 Sepatu bot, 31 Sarden, 2 Senter besar, 3 Senter kecil, 10 Topi Indomie,12 Jas hujan, 2 felbet, 1 tandu oren, 20 dus indomie, 5 dus Minyak, 20 aqua gelas yang, nantinya diberikan kepada korban yang membutuhkan.
Relawan PMI Jakarta Selatan akan dikirim selama enam hari sambil menunggu arahan lebih lanjut. Terhitung dari tanggal 21-25 November 2022,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjutnya, jika tim relawan masih dibutuhkan, masa penugasan bisa diperpanjang. Semua tergantung situasi dan kondisi di lapangan.

“Ya, bisa diperpanjang. Kita lihat perkembangannya saja. Mudah-mudahan dengan bantuan tenaga ini, bisa meringankan tugas tim evakuasi maupun korban yang selamat ataupun bisa menemukan korban yang tertimbun reruntuhan,” tutupnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here