Beranda Lampung PMII Jakarta Gelar Aksi Damai Tolak Tindakan Represif Terhadap Aktivis Mahasiswa

PMII Jakarta Gelar Aksi Damai Tolak Tindakan Represif Terhadap Aktivis Mahasiswa

Onlinekoe.com, Jakarta – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) DKI JAKARTA , mengecam keras tindak pemukulan terhadap salah seorang kader PMII Cabang Pamekasan Vicky, oleh oknum aparat kepolisian.

Se yogya sebagai aparat penegak hukum seharus nya Kepolisian harus bisa menjadi contoh yang baik dalam menjalankan aturan dan perundang-undangan tersebut dalam penanganan aksi demonstrasi yang sudah di atur oleh undang-undang yang berada di indonesia, dalam momentum yang baik ini tepat nya HUT Bhayangkara Ke-74 POLRI, PMII DKI Jakarta bersepakat harus ada evaluasi dan pembenahan dalam menjalankan SOP Pengamanan dalam penanganan demokrasi di indonesia.
Banyak-nya catatan-catatan dalam penangan aksi demonstrasi mahasiswa yang terjadi, cendrung kepolisian melalaikan aturan yang berlaku di indonesia seperti melakukan tindakan refresif, kekerasan/pemukulan dan lain-lain, tidak sedikit yang menjadi korban dari pihak masa aksi adalah mahasiswa.
Sedangkan dalam menyampaikan pendapat d muka umum aparat kepolisian yang seharus nya sebagai pelaksana dari peraturan Per-undang-undang di Negara republik indonesia, harus menjadi contoh pelaksana yang baik dalam menjalan kan peraturan dan undang-undang yang mengatur penyampaian pendapatan dimuka umum tersebut.
Adapun undang-undang dan peraturan yang menjamin nya pengamanan dan perlindungan menyampaikan pendapat dimuka umum tersebut.
Undang-undang No 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum.
Peraturan kapolri No16 Tahun 2006 tentang pedoman pengendalian masa
Peraturan kepala kepolisian Negara Republik indonesia No 9 Tahun 2008 tentang tatacara penyelenggaraan, pelayanan,pengamanan, dan penanganan perkara penyampaian pendapat dimuka umum.
Serta peraturan kapolri No.16 Tahun 2006 tentang pedoman pengendalian masa ( Protap Dalmas )
Insiden Pemukulan Mahasiswa itu terjadi saat PMII Cabang Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengadakan aksi unjuk rasa di Kantor Bupati setempat, Kamis (25/6/2020)
Aksi ini mengangkat tuntutan agar Bupati Pamekasan segera melakukan tindakan tegas dalam menyetop pertambangan Galian C Ilegal di Kabupaten Pamekasan tersebut.
PMII DKI Jakarta menilai ada upaya-upaya serta faktor kesengajaan yang dilakukan oleh pemerintah terkait, baik provinsi maupun kabupaten dalam perizinan penambangan di pamakasan tersebut seperti adanya relasi politik anatara pemerintah dan penambang, bisa juga karna ada dugaan faktor beking

dari pihak-pihak tertentu baik oknum aparat atau oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Di Momentum yang Sangat Spesial ini menjadi kado dari mahasiswa, khusunya Pergerakan mahasiswa islam indonesia (PMII) DKI Jakarta di HUT Bhayangkara ke-74 POLRI Harus membenahi diri dalam Menjaga dan merawat demokrasi yang ada di indonesia, POLRI harus menjadi institusi yang bisa di percaya sebagai institusi Pelaksana penanganan demokrasi dan pelayanan dalam menghadirkan terjamin nya penyampaian aspirasi di depan umum yang di lindungi undang-undang yang berlaku.
Pergerakan Mahasiswa Islam indonesia (PMII) DKI Jakarta, Bersepakat untuk memberikan petisi atau Komitmen bersama POLRI dalam momentm HUT Bhayangkara untuk bersama-sama membenahi dan Menjaga serta merawat demokrasi di indonesia dan menjalankan segala penangan, pengamanan, serta perlindungan dalam menyampaikan pendapat di depan umum.
Yang dimana petisi tersebut menjadi harapan agar tidak terulang nya tindakan refresif, kekerasaan dan pemukulan yang dapat berujung pada hilangnya ruang-ruang demokrasi yang di jamin perlindungan-Nya oleh negara kesatuan republik indonesia, dengan undang-undang yang berlaku.

Adapun Tuntutan PMII Se-DKI Jakarta Adalah :
Meminta Pihak Kepolisian untuk tidak Refresif dan Arogan dalam penangan demonstrasi.
Usut Tuntas dan TutupPertambangan Galian C yang tidak meiliki perizinan/ilegal.
Meminta kepolisian bertindak Proporsional, sesuai protap dalmas dan SOP Penanganan demonstrasi reporter(RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here