Raih Penghargaan, SMPN 7 Bandar Lampung Sukses Bina Jajanan Sekolah Yang Sehat

0
92

Onlinekoe.com | Bandar Lampung – Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Eka Afriana mewakili Walikota Bandar Lampung menyerahkan penghargaan sekolah terbaik tingkat nasional yaitu dalam program Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS), bertempat Di dalam Ruangan Guru, SMPN 7 Gedong Air, Bandar Lampung, Senin siang (22/11/2021).

Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang ditindaklanjuti dengan penetapan Rencana Aksi Nasional PJAS melalui penerapan  5  strategi, yaitu Perkuatan program PJAS, Peningkatan awareness komunitas PJAS, Peningkatan kapasitas sumber daya PJAS, Modeling dan replikasi kantin sekolah, dan Optimalisasi manajemen Aksi Nasional PJAS.

Kemandirian keamanan pangan sekolah menjadi tujuan utama dari program ini sehingga generasi penerus bangsa terlindungi dari pangan jajanan yang tidak bermutu dan mengandung bahan berbahaya.

Dalam acara pemberian penghargaan kepada SMPN 7 Bandar Lampung, sebagai juara 3 sekolah terbaik tingkat nasional dalam melaksanakan progam Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) yang merupakan salah satu elemen penting memenuhi asupan energi dan gizi anak usia sekolah.

“Kami berharap jangan SMPN7 saja yang di berikan program ini, tapi seluruh sekolah juga harus kita pantau. Karena program ketahanan pangan jajanan anak usia sekolah, merupakan salah satu elemen penting memenuhi asupan energi dan gizi anak usia sekolah.” Jelas Eka Afriana.

Pangan jajanan anak usia sekolah yang mencakup pangan olahan dari industri olahan pangan serta buah-buahan, sekarang memiliki keamanan yang buruk dan lingkungan yang tercemar.

Dilain sisi, Kepala BBPOM Bandarlampung Sukriadi Darma, mengatakan bahwa Program PJAS ini dilakukan di 34 provinsi di Indonesia secara serentak.

“SMPN 7 Bandarlampung ini secara nasional mewakili Provinsi Lampung dalam berkiprah bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di 34 provinsi. Alhamdulillah, pada 19 Oktober lalu di Jakarta SMPN 7 Bandarlampung berhasil meraih Juara III,” jelasnya.

Oleh karna itu upaya yang dilakukan oleh SMPN 7 Bandar Lampung menjadi pengawas keamanan pangan jajanan anak usia sekolah serta menjadi pembinaan produsen jajanan yang dilakukan secara teleti dan penuh kehati-hatian agar keamanan pangan jajan anak usia sekolah sejak di produksi dan di konsumsi tetap terjamin. (DKJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here