Rektor: UIN Siap Kolaborasi dengan Pemda Wujudkan Percepatan Pembangunan Daerah

Bandar Lampung (OK) – Peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023 diwarnai suka cita oleh masyarakat Lampung, tak terkecuali sivitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL). Pasalnya, UIN RIL turut andil berkontribusi dalam penyusunan naskah akademik dan dokumen lainnya, sehingga sampai pada proses akhir yaitu penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada KH Ahmad Hanafiah oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kolaborasi yang baik antara UIN RIL dan Pemkab Lampung Timur, menghantarkan penganugerahan gelar pahlawan nasional ini. Bentuk kemitraan dan kerjasama ini merupakan wujud nyata bahwa UIN RIL berkontribusi dalam pembangunan daerah. Dan dapat dipastikan UIN RIL siap berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah di masa-masa yang akan datang.

Sebagaimana diketahui UIN RIL dan Pemda Lampung Timur menandatangani Perjanjian Kerja Sama tentang Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional KH Ahmad Hanafiah pada 24 Maret 2022 yang lalu. Perjanjian Kerjasama bernomor 717.a/Un.16/R/HM.01/03/2022 dan 460/1644/06-SK/2022 ini menjadi titik awal kerja-kerja panjang diantara kedua tim dari dua lembaga.

Rektor UIN RIL Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD yang turut hadir dalam penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional KH Ahmad Hanafiah di Istana Negara Jakarta (10/11/2023), mengatakan bahwa UIN RIL sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat membuka diri untuk bersama-sama meningkatkan percepatan pembangunan dan meningkatkan daya saing daerah.

“Diantara yang bisa dilakukan dalam kolaborasi ini adalah mengadakan studi-studi kebijakan berbasis riset, yang kemudian hasilnya dapat digunakan dalam menentukan prioritas program pembangunan berdasarkan kebutuhan daerah,” demikian tandasnya.

Menurutnya, kekuatan riset dalam perguruan tinggi bereputasi tidak bisa ditawar dan merupakan sebuah keharusan, karena perguruan tinggi memegang peranan penting sebagai pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta budaya.

“Disetujuinya KH Ahmad Hanafiah menjadi pahlawan tentu tidak bisa dilepaskan dari kerja-kerja UIN Raden Intan Lampung khususnya dalam Tri Dharma Perguruan tinggi. Soliditas tim dan kekuatan riset UIN telah terbukti mampu menjadikan KH Ahmad Hanafiah menjadi pahlawan nasional asal Lampung,” ujar Rektor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here