Beranda Ragam Ribuan Siswa dari 78 SMA dan MA di Kabupaten Aceh Utara Ikuti...

Ribuan Siswa dari 78 SMA dan MA di Kabupaten Aceh Utara Ikuti UNBK

Onlinekoe.com, Aceh Utara. Sebanyak 5.957 siswa dari 78 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Aceh Utara mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Ujian berlangsung selama 4 hari, mulai Senin (1/4/2018) hingga Kamis (8/4/2018).

Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah III Lhokseumawe, Azhari menjelaskan jumlah rinci siswa yang mengikuti ujian tersebut.

“Pelaksanaan UNBK di Kabupaten Aceh Utara diikuti 52 SMA dan 26 MA. Sedangkan jumlah siswa yang mengikuti ujian yaitu 4.808 siswa SMA dan 1.149 siswa MA,” jelas Azhari.

Menurutnya pelaksanaan hari pertama (Senin, 1 April 2019) kemarin melalui laporan Ketua Musyawarah Kerja Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Aceh Utara, hingga hari kedua secara teknis tidak mengalami gangguan baik dari sisi jaringan listrik PLN maupun Telkom.

“Lancarnya UNBK hari pertama dan kedua, berkat kerjasama seluruh pihak terkait baik antara Dinas Pendidikan Aceh dengan PLN dan Telkom, juga guru serta orang tua, semuanya bersama – sama memikirkan bagaimana agar pelaksanaan UNBK dapat berjalan sukses dan lanca,”demikian akui Azhari kepada media ini melalui telepon seluler, Selasa (2/04) siang.

Lanjutnya, dari jumlah 78 sekolah/madrasah yang melaksanakan UNBK, terdapat 13 SMA/MA yang tidak bisa melaksanakan UNBK secara mandiri.

“Ada sekolah yang menumpang di tempat lain, sebanyak 13 sekolah/madrasah yang melaksanakan UNBK di sekolah lain itu menginduk lantaran belum terfasilitasi sarana yang mencukupi dan memadai.

Secara terpisah kepala SMAN I Syamtalira Aron, Drs. Marzuki Hasan, M.Pd kepada media ini mengatakan, bahwa pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 di sekolah yang dipimpinya digelar tiga sesi. Pasalnya, sarana dan prasarana di sekolah yang berlokasi di Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara, itu telah memadai.

“Kali ini kami menggunakan 3 ruang sehingga cukup 3 sesi untuk UNBK yang diikuti 236 siswa. Sedangkan untuk kapasitas internet tidak ada kendala lagi. Dan ini sebelumnya telah dilakukan ujicoba pada simulasi UNBK , akses internet cukup lancar tak ada masalah,” kata Marzuki Hasan.

UNBK sesi pertama dimulai pukul 07.30 – 09.30 wib, sesi kedua pukul 10.30 – 12.30 wib dan sesi ketiga 14.00 – 16.00 wib. Sedangkan untuk mata pelajaran yang diujikan, lanjut Marzuki Hasan, hari pertama Bahasa Indonesia.

“Setelah itu hari kedua mata pelajaran yang diujikan Matematika, dilanjutkan dengan hari ketiga yaitu Bahasa Inggris dan yang terakhir atau hari keempat adalah mata pelajaran pilihan,” jelasnya. (Mahdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here