Beranda Pendidikan Sebanyak 17 Mahasiswa Prodi Manajemen IIB Darmajaya Lolos Seleksi Kampus Mengajar...

Sebanyak 17 Mahasiswa Prodi Manajemen IIB Darmajaya Lolos Seleksi Kampus Mengajar 2021

SumateraPost, BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 17 mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya lolos dalam seleksi Kampus Mengajar Angkatan I Tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).
Ketua Prodi Manajemen IIB Darmajaya, Dr. Anggalia Wibasuri M.M., mengatakan sebelumnya terdapat 20 mahasiswa mendaftar dan yang dinyatakan lolos sebanyak 17 mahasiswa.

“Alhamdulillah dari 14.880 mahasiswa se-Indonesia yang lolos dalam Kampus Mengajar Angkatan I terdapat 17 mahasiswa Prodi Manajemen IIB Darmajaya. Mereka akan mengajar selama empat bulan di sekolah dasar mulai 22 Maret – 25 Juni 2021 dengan mendapatkan konversi 12 SKS,” kata Anggalia.
Kegiatan ini, lanjut dia, merupakan perdana yang digulirkan Kemendikbud RI. “Rata-rata mahasiswa semester VI yang mengikuti Kampus Mengajar Angkatan I tahun 2021. Mereka setiap bulan akan mendapatkan uang saku dari Kemendikbud RI dan uang kuliah tunggal (UKT) dibayarkan satu semester sebesar Rp2,4 juta,” kata dia.

Anggalia–biasa dia disapa–menerangkan saat ini mahasiswa sedang menjalani pembekalan dari tim Kampus Mengajar Angkatan I tahun 2021. Materi pembekalan meliputi pedagogi sekolah dasar, pembelajaran literasi dan numerasi, etika dan komunikasi, aplikasi MBKM dan monev kampus mengajar.
“Selain itu, profil pelajar Pancasila, konsep pembelajaran jarak jauh: strategi kreatif belajar luring dan daring, aplikasi asesmen dalam pembelajaran, mahasiswa sebagai duta perubahan perilaku di masa pandemi, dan prinsip perlindungan anak,” kata dia.

Salah satu mahasiswi yang lolos seleksi, Elin Rizki Marantika mengaku sangat bangga dengan diri sendiri, namun ini merupakan tantangan karena bukan berasal dari program studi pendidikan guru.
“Kami harus bersaing dan berkolaborasi dengan rekan yang berbeda ketika penugasan di sekolah dasar yang telah ditentukan,” ungkap Elin yang akan mengajar di SDN 2 Gunungterang, Bandar Lampung.

Hal senada juga dikatakan Tata Malinda yang mengaku sangat senang. Menurut dia, dari banyaknya yang mendaftar dirinya bisa lolos. “Alhamdulillah bisa menjadi bagian dari 14.880 se-Indonesia,” kata Tata yang akan mengajar di SD Islam Al-Anshor 1. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here