Sekda Kab. Bogor Diskusikan RPD 2024-2026

Bogor – Sekretaris Daerah Kabupaten (Pemkab) Bogor Burhanudin, mengungkapkan program konsultasi publik Rancangan Pembangunan Daerah (RDP) tahun 2024-2026.

Burhanudin menyampaikan, pada saat kegiatan rancangan pembangunan daerah RPD tahun 2024- 2026 langkah pijakan kelangsungan pembangunan pada masa mendatang, di Gedung Serbaguna, Sekretariat Sekda Kabupaten Bogor, Senin (17/10/22).

Oleh sebab itu, Sekda ingin masukan rancangan terkait dengan rancangan pembangunan tersebut telah berakhir pada tahun 2023. Guna melengkapi dokumen Rancangan Pembangunan Daerah (RPD).

“Karenanya, bagi semua yang hadir pada pembahasan RPD agar bisa memberikan masukan rancangan pembangunan konsultasi publik untuk pembangunan ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim mengungkapkan, forum konsultasi publik dalam rancangan sangat penting dan strategis.
Apalagi konsultasi publik sela, namun pelaksanaan pembangunan harus berjalan tetap sebagaimana mestinya.

Begitu pentingnya, program penyusunan RPD untuk menjadikan pedoman dukumen kinerja, dan perlunya masukan untuk memberikan masukan sebagai penting rancangan strategis.
Dengan demikian program penyusunan dokumen ini, Agus sangat optimis sebab program kolsultasi publik ini berupa dokumen sebagai panduan ke depan pada pembangunan masa mendatang.
Ia juga mengingatkan, untuk mencermati semua masalah dengan cara menginvetarisir tentang berbagai masalah.

Dokumen RPD tak berarti apa-apa bila dalam pelaksanaan tidak optimis dalam melaksanakan rancangan RPD untuk ke mendatang.

Hadir dalam acara konsultasi publik Rancangan Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Bogor Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, Sekda Kabupaten Bogor, Kapolres Bogor AKBP Iman Imannudin, Wakil Ketua DPRD Agus Salim, Danlanut Atang Sanjaya, dan dari berbagai unsur lainnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Bogor Suryanto dibantu oleh Rustandi, menyampaikan, bahwa pedoman dokumen perlu disusun RPD tahun 2024-2926. Walau sela atas pelaksanaan Pilek/Pilpres 2024 , terjeda Bupati Bogor pada tahun 2018-2023, nanti akan dilaksanakan pada Bupati tahun 2024 mendatang.

Sebagai pedoman RPD tahun 2024-2026 adalah, penyelarasan target indikator makro dan program prioritas nasional RPJMD tahun 2020-2024, kesesuaian sasaran pokok dan arah kebijakan pokok RPJMD sampai tahun 2025, hasil evaluasi capaian indikator kinerha daerah RPJMD tahun 2018-2023 dan RPD Provinsi Jawa Barat tahun tahun 2024-2026 (dalam persiapan penyusunan).

Saat menyinggung tentang sasaranya, Suryanto mengungkapkan, pemerataan peningkatan masyarakat, pemerataan dan peningkatan kesempatan lapangan kerja, peningkatan dan pemerataan berusaha, peningkatan dan pemerataan akses sarana publik, dan peningkatan dan pemerataan daya saing daerah.

Pada usulan-usulan dari berbagai elemen, antara lain, Kapolres, Lanud, Dandim 0261, dan Pengadilan Agama, mahasiswa dan lembaga masyarakat. Intinya agar rancangan pembangunan daerah lebih terprioritas disemua sektor.
Pada akhir pembahasan RPD, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengucapkan terima atas berbagai masukan agar juga menjadi prioritas.

Ia juga, membuka semua aspirasi dan masukan dari semua sektor agar bisa dimasukkan ke RPD sebagai langkah kebijakan kedepan,”tutur Iwan Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here